Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Fekon Unand Adakan Seminar Internasional SDGs dan Green Economy

10 Jun 2016

Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas menggelar Seminar Internasional pada Kamis (09/06) bertempat di Convention Hall Kampus Unand Limau Manih Padang.

Seminar yang bertemakan Sustainable Development Goals (SDGs) and Green Economy menghadirkan narasumber diantaranya Dr. Ir. Yurdi Yasmi, M.Sc staff professional FAO (Food Agriculture Organization) dibawah naungan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang berkantor di Regional PBB untuk kawasan Asia-Pasifik Bangkok, Dr. Fadjar Goembira, M.Sc dosen Teknik Lingkungan Universitas Andalas, dan Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA Pakar Ekonomi Universitas Andalas.

Naphelia Oktria Nesti Ketua Panitia mengatakan tujuan diadakan seminar ini agar lebih memahami konsep ekonomi hijau, bagaimana melakukan pembangunan berkelanjutan tanpa merusak alam serta memahami implementasi  SDGs sebagai konsep  ekonomi hijau.

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan SDGs merupakan tujuan pembangunan berkelanjutan dari PBB sebagai agenda dunia pembangunan untuk kemaslahatan manusia dan planet bumi. 

Ia juga menambahkan SDGs merupakan kelanjutan dari Milenium Development Goals (MDGs) yang sudah tidak berlaku lagi semenjak tahun 2015.

Menurutnya Green Economy adalah ekonomi yang meningkatkan kesejahteraan manusia sekaligus menguranggi resiko lingkungan secara signifikan.

“Konsep ekonomi hijau melengkapi konsep dari pembangunan berkelanjutan,”tambahnya.

Sementara itu, Dr. Yurdi Yasmi memaparkan masa depan pembangunan kita belajar dari masa lalu untuk meraih “The Future We Want”. Populasi dunia diperkirakan akan mencapai 9 Miliar pada tahun 2050 dan melampaui 11 Miliar pada tahun 2100.

“India akan melampaui Tiongkok sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak sekitar 7 tahun dari sekarang,”paparnya.

Ia juga menuturkan tentang capaian pertumbuhan ekonomi dengan terjadinya peningkatan perkapita, penurunan kemiskinan, perbaikan kesehatan, pendidikan dan angka harapan hidup, modernisasi berbagai sektor seperti transportasi, komunikasi, service dan lain-lain, serta munculnya macan asia.

Sisi lain pertumbuhan ekonomi terjadinya kesenjangan (Inequality) dan juga dampak lingkungan (Environmental Impact),”ujar pria asli Payakumbuh tersebut.

Selain itu, Pakar Ekonomi Unand Prof. Werry Darta Taifur, mengatakan untuk mencapai SDGs harus mengenal tiga prinsip yakni universality, integrasi dan transformasi.

Menurutnya tiga prinsip tersebut belum terakomodasi dalam peraturan pemerintah saat ini.

“Indonesia akan berhasil mencapai SDGs dengan beberapa peraturan pemerintah saat ini yang perlu disesuaikan, jika tidak Indonesia akan mengulanggi kegagalan ketika mencapai MDGs,” tegasnya.

Seminar ini diikuti oleh mahasiswa Unand dan mahasiswa dari universitas lain serta civitas akademika Universitas Andalas. Seminar ini dimoderatori oleh Prof. Syafruddin Karimi dan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1304 times