Tes Wawancara Penerimaan CPNS di Lingkungan Universitas Andalas

19 Desember 2014

Sebanyak 127 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Universitas Andalas yang dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Psikologi, mengikuti Tes Kemampuan Bidang (TKB) pada 16-17 Desember 2014 di UPT. Pusat Bahasa.Tes TKB ini dibagi dalam dua sesi, Tes Tertulis yang dilaksanakan pada hari Selasa 16 Desember 2014, dan Tes Wawancara pada tanggal 17 Desember 2014.

Ditemui Tim Humas di Lokasi Tes Wawancara, Wakil Rektor II Unand, Prof. Dr. Herri, SE, MBA mengatakan bahwa negara ini memerlukan orang yang memiliki kompetensi untuk semua bidang termasuk Dosen. Dalam hal ini Pemerintah Pusat maupun Unand telah menyusun prosedur untuk mencapai tujuan itu.Pusat telah melaksanakan Tes Kompetensi Dasar yang mengukur kemampuan intelektual dasar, prilaku, dan analisis, serta setelah itu dilanjutkan dengan Tes Kompetensi Bidang (TKB).TKB ini merupakan tes untuk menilai keunggulan masing-masing peserta tes dengan kemampuan mereka sesuai dengan bidang masing-masing. Tes kemampuan bidang dilaksanakan dengan dua sesi, dimana ada tes terlulis untuk melihat kemampuan mereka mendiskripsikan kemampuan bidangnya lewat tulisan, dan dilanjutkan dengan tes wawancara  dengan tujuan untuk menilai performance, kemampuan komunikasi, serta intelektual secara langung, dan motivasi yang mereka miliki untuk menggapai sebuah kesuksesan dalam bekerja. 

Dalam tes CPNS kali ini juga ada beberapa formasi yang tidak terisi.  Menurut Prof. Herri mungkin itu dikarenakan kualifikasi dari mereka yang mendaftar tidak sesuai dengan yang ditetapkan dalam persyaratan. Serta mungkin juga disebabkan karena banyaknya Perguruan Tinggi lain melaksanakan penerimaan dosen di tahun 2014 yang mengakibatkan para pelamar, melamar pada Perguruan Tinggi yang menurut mereka sesuai dengan kemampuan dasar mereka. Terlebih lagi, yang menjadi indikator penting kelulusan di CPNS adalah harus memenuhi syarat administrasi dimana persyaratannya terkadang memberatkan seperti syarat akreditasi institusi dan syarat IPK.

Prof. Herri juga menegaskan bahwa tahun depan untuk mengisi posisi yang kosong berkemungkinan Unand akan kembali menerima CPNS karena Unand juga masih membutuhkan banyak Dosen. Terlebih lagi untuk prodi-prodi baru yang ada di Universitas Andalas.

Senada dengan itu, Kabag Kepegawaian Unand, Drs. Endi Alexander, MM juga menegaskan bahwa seluruh tim yang tergabung dalam penyeleksian CPNS tahun ini sangat antusias untuk bekerja dan menyusun agar bisa menghasilkan CPNS yang sesuai dengan harapan bersama. Tim penyeleksi yang ditunjuk juga merupakan orang-orang yang handal dan kompeten dibidangnya sehingga diharapkan hasil dari seleksi yang diadakan, meloloskan orang yang kompeten dan handal.

Lebih lanjut Drs. Endi A. juga menjelaskan, seleksi CPNS tahun ini di Unand berjalan dengan lancar. Dengan tim yang solid dan kerjasama yang baik dengan pimpinan Unand telah berhasil melaksanakan seleksi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dari pusat.

Namun untuk penentuan hasil akhir,  Drs. Endi A. mengatakan bahwa hasil seleksi yang dilakukan Unand akan dikirimkan ke Panitia Pusat, dan PanitiaPusat yang akan menetapkan dan mengumumkan hasil akhir dari Penerimaan CPNS.

Humas dan Protokol Unand

Read 769 times