433 Peserta Mengikuti Ujian CPNS di Unand

08 Oktober 2014

Sebanyak 433 orang peserta mengikuti ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemendikbud di Laboratorium LPTIK, Gedung Perpustakaan Universitas Andalas. Ujian berlangsung selama  3 hari mulai tanggal 7-9 Oktober 2014.

Koordinator ujian TKD CPNS Universitas Andalas, Drs. Endi Alexander, MM mengatakan sebanyak 433 orang terdaftar menjadi peserta ujian CPNS pada hari ini mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT). Pelaksanaan ujian berlangsung selama 3 hari dan telah dibagi jadwal ujian, ruang dan sesi pelaksanaan ujian oleh panitia. Setiap  hari dilaksanakan 4 sesi dan masing-masing sesi  diikuti oleh 50 orang peserta yang dibagi dalam 2 labor. Dari 433 orang tersebut setiap sesi (hingga hari Rabu, 8 Oktober 2014) ada yang tidak hadir berkisar 3-5 orang persesi.Ketidak hadiran peserta tidak diketahui pasti, karena hingga pelaksanaan ujian tidak ada peserta yang datang terlambat.

Lebih lanjut Drs. Endi Alexander, MM menjelaskan bahwa seperti yang kita ketahui pelaksanaan ujian tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya.Tahun ini pelaksanaan ujian menggunakan sistem CAT dimana peserta setelah pelaksanaan ujian dapat mengetahui skor nilai ujian.Tes Kemampuan Dasar ini meliputi 3 bidang tes yaitu tes karakteristik pribadi, tes intelegensi umum, dan tes wawasan kebangsaan.Banyak manfaat yang dirasakan dengan penerapan ujian dengan memaka sistem CAT ini.Selain menghemat anggaran pelaksanaan ujian, dengan sistem ini peserta mengetahui langsung skor yang diperoleh dan transparasi penerimaan CPNS juga lebih dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu Ketua LPTIK Unand (Koordinator pelaksana ujian CAT), Dr. Ahmad Syafruddin, MT mengatakan bahwa LPTIK Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, Polireknik Negeri Padang dipercaya  oleh panitia seleksi nasional CPNS menjadi tempat penyelenggaraan tes CPNS di lingkungan Kemendikbud Wilayah 14. Panitia telah menyiapkan segala sesuatunya dengan sebaik  mungkin.Untuk ruang ujian panitia telah menyiapkan 2 labor komputer dengan kapasitas 25 orang masing-masing labor.

Lebih lanjut Dr. Ahmad menjelaskan sebelum ujian peserta melewati beberapa langkah yaitu melakukan verifikasi, dilaksanakan 30 menit sebelum sesi TKD.Kemudian setelah verifikasi dilaksanakan sesi pra tes dan latihan dengan waktu selama 30 menit, setelah itu peserta baru mengikuti tes selama 150 menit.Hasil ujian dapat diketahui langsung oleh peserta.  Waktu dengan durasi 2,5 jam tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh peserta.

Dr. Ahmad juga menghimbau kepada calon peserta ujian untuk datang lebih awal, paling lambat saat verifikasi karena jika datang pada saat pra tes dan latihan, maka peserta tidak diperkenankan mengikuti tes.Hal ini disebabkan karena ujian dilaksanakan secara online dari pusat. Untuk ujian peserta harus melakukan 2 kali log in. Log in pertama saat verifikasi dan log in kedua saat tes. Jadi, jika tidak datang pada saat verifikasi otomasi tidak dapat mengikuti tes.Hal penting lainnya adalah peserta harus mengetahui tata tertib tes dengan baik, terutama persyaratan yang harus dibawa dan jadwal tes, sehingga tidak merugikan peserta ujian.


Humas dan Protokol Unand

Read 778 times