Agriculture Islamic Fair 2016 Bahas Program Pembangunan Pertanian

22 April 2016

Forum Studi Dinamika Islam (FORSTUDI) Fakultas Pertanian Universitas Andalas mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Membangun Raksasa Ekonomi Baru Melalui Industri Berbasis Pertanian” Pada Kamis (21/04) di Gedung Perpustakaan lt 5 Universitas Andalas Limau Manis Padang. Seminar ini menghadirkan Dr. Ir. Anton Apriyantono, MS (Menteri Pertanian RI periode 2004-2009) sebagai Keynote Speaker.

Wakil Rektor I Unand, Prof. Dr. Dachriyanus, Apt menyambut baik penyelenggaraan seminar ini, karena melalui pelaksanaan seminar ini akan dapat masukan dan saran yang akan sangat bermanfaat dalam perbaikan program pembangunan pertanian kedepan. Sebagian besar penduduk indonesia masih bermata pencaharian sebagai petani. Membangun pertanian juga berarti mendukung program nasional swasembada pangan. Wakil Rektor I mengharapkan seminar ini dapat membahas serta mendiskusikan berbagai isu khususnya yang terkait dengan pembangunan pertanian dan memberikan masukan berkaitan dengan pengembangan pertanian di Indonesia.

Dr. Anton Apriyanto mengatakan sektor pertanian sampai sekarang masih tetap memegang peran penting dan strategis dalam perekonomian nasional. Disamping itu, sektor pertanian masih menjadi andalan penyedia bahan baku bagi industri serta sumber pendapatan devisa dari ekspor. 

“Permasalahan yang dihadapi serta menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah adalah menyusutnya lahan pertanian, dampak dari berkurangnya lahan pertanian karena alih fungsi lahan dan itu berdampak permanen sehingga membuat kapasitas produksi pertanian menjadi berkurang. Selain itu, persoalan-persoalan klasik yang masih menghantui petani adalah kelangkaan pupuk, kekeringan, harga anjlok disaat musim panen dan mencekik saat paceklik” ujarnya.

Lebih lanjut Dr. Anton Apriyanto  menjelaskan saat ini, pemerintah berusaha keras bagaimana mencegah terjadinya alih fungsi lahan pertanian, sebaliknya jika alih fungsi lahan terjadi tampa terkendali dan itu akan menjadi persoalan ketahanan pangan, tetapi juga persoalan lingkungan.

Dr. Anton Apriyantono berharap seminar ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan peserta seminar khususnya mahasiswa dalam bidang pertanian yang berkaitan dengan industri pertanian sebagai cikal bakal mempersiapkan diri untuk terjun di dunia industry pertanian.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1407 times