Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Fakultas Hukum Unand Bahas Tentang Hukum Lingkungan

20 April 2016

Dalam rangka menegakan hukum lingkungan di Indonesia serta menyelesaikan permasalahan lingkungan yang saat ini sarat terjadi di Indonesia, Bagian Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Andalas bekerja sama dengan Pembina Hukum Lingkungan se Indonesia mengelar Seminar Nasional dengan Tema “Kenyataan dan Harapan Penegakan Hukum Lingkungan di Indonesia” Rabu (20/04) di Convention Hall Unand Limau Manis Padang. Acara ini di buka secara resmi oleh Dekan Fakultas Hukum Unand Dr. Zainul Daulay, SH, MH 

“Acara seminar ini menghadirkan banyak peneliti dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Diantaranya Universitas Indonesia, UNPAD, Universitas Borneo, Universitas Pattimura, UNHAS, dan beberapa perguruan tinggi lainnya” Ucap Ketua Pelaksana Acara Frenadin Adegustara, SH, MS.

Frenadin Adegustara mengungkapkan karena semakin kompleksnya permasalahan lingkungan hidup yang sedang terjadi dimasyarakat, maka perlu kiranya ada pembahasan terkait lingkungan hidup agar pemerintah bisa mengambil keputusan yang tegas yang bisa dijadikan dasar dalam pembentukan peraturan serta para penegak hukum bisa lebih tegas melakukan tindakan kepada para pelanggar hukum lingkungan hidup. Untuk itu dalam kegiatan ini juga dihadirkan pihak dari kepolisian, kejaksaan, kehakiman dan mahasiswa agar tidak hanya para akademisi yang akan memikirkan persoalan ini. Namun para penegak hukum dan para pembuatan peraturan bersinergi untuk menuntaskan permasalahan lingkungan hidup yang sedang terjadi.

Lebih lanjut Frenadin Adegustara juga mengatakan bahwa acara ini akan diawali dengan memaparkan tiga materi dari tiga narasumber yang berasal dari bidang ilmu yang berbeda, diantaranya dari Pemerintahan yaitu dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang diwakili oleh Dirjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Narasumber kedua dari penegakan Hukum,  hadir Hakim Mahkamah Agung Republik Indoensia yang juga merupakan Dosen di Fakultas Hukum Unand, Prof. Dr. H. Takdir Rahmadi, SH, LLM, dan pemateri ketiga merupakan Ketua Umum Pembina Hukum Lingkungan Se Indonesia Prof. Dr. Ida Nurlinda, SH, MH.

“Diawalinya acara dengan paparan dari ketiga narasumber yang berkompeten tersebut hendaknya dapat menjadi pangkal tolak yang akan menjadi pembahasan untuk seminar selanjutnya”tambahnya. 

Senada dengan itu, Dekan Fakualtas Hukum Unand, Dr. Zainul Daulay mengungkapkan bahwa sekarang ini permasalah lingkungan adalah permasalahan umum yang sangat meresahkan masyarakat. Untuk itu kegiatan ini merupakan wadah bagi kita untuk menemukan solusi terbaik untuk penyelesaian masalah lingkungan hidup. Mencari solusi bagaimana agar mampu menata lingkungan dengan sedemikian rupa serta bagaimana menegakan hukum lingkungan itu sendiri. Selain itu acara ini juga akan memperlihatkan sisi lain persoalan penegakan hukum tentang lingkungan hidup di Indonesia. 

Diharapkan acara seminar ini mampu melahirkan solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalah lingkungan yang terjadi dan penegakan hukum lingkungan bisa ditegakkan sebagaimana mestinya sesuai dengan ketentuan yang telah diatur. 

Usai penyampaian materi dari ketiga narasumber siangnya acara dilanjutkan dengan penyampaian makalah dari para peneliti. Penyampaian makalah ini dibagi dalam dua kelompok dengan perbedaan tema. Kelompok pertama membahas makalah dengan tema Penegakan Hukum Lingkungan Non-Litigasi dan kelompok dua membahas tentang Penegakan Hukum Lingkungan Litigasi.

Usai seminar acara ditutup dengan penyerahan sertifikat untuk para narasumber dan peneliti sebagai bentuk apresiasi karena telah ikut berpartisipasi untuk menyukses kegiatan seminar nasional tersebut.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1354 times