Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Faperta Unand Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa Tentang Teknologi Penginderaan Jauh

18 April 2016

Jurusan Tanah Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Andalas bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggelar kuliah umum dengan tema “Teknologi Penginderaan Jauh Untuk Kejadyaan Bangsa” pada senin (18/4) di Convention Hall Universitas Andalas Limau Manih Padang. Hadir Dr. Orbita Roswintiarti Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional sebagai pembicara utama dalam kuliah umum tersebut. 

Ketua Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas Prof. Dr. Dian Fiantis, M.Sc mengatakan topik penginderaan jauh di jurusan tanah baru dimulai sejak era digital yaitu pada tahun 2012, yang sebelumnya mata kuliah penginderaan jauh dinamakan penafsiran potret udara. Pada jurusan tanah ada dua mata kuliah yang berkaitan langsung dengan penginderaan jauh diantaranya Kartografi dan Sistem Informasi Sumber Daya Lahan. Disamping itu, Prof. Dr. Dian Fiantis, M.Sc mengharapkan kepada mahasiswa serta seluruh peserta kuliah umum dapat memperoleh pencerahan dan pengetahuan dari kuliah umum yang diberikan oleh narasumber.

Sementara itu, Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Dr. Orbita Roswintiarti menjelaskan penginderaan jauh merupakan pengetahuan dan seni dalam memperoleh informasi tentang suatu objek, wilayah, atau fenomena yang dilakukan melalui analisis data yang diterima oleh suatu alat yang tidak bersentuhan langsung dengan objek, wilayah atau fenomena yang diamati.

Disamping itu, Dr. Orbita mengatakan salah satu keunggulan dari penginderaan jauh diantaranya data yang dihasilkan mencakup wilayah yang sangat luas dan kecepatan dan ketersediaan data tersedia dalam bentuk yang akurat dan konsisten serta biaya yang dikeluarkan untuk berbagai kegiatan dalam jangka waktu yang panjang akan lebih murah jika dibandingkan dengan cara yang konvensional.

Teknologi penginderaan jauh dibidang pertanian dapat digunakan dalam memelihara konsistensi penggunaan lahan sebagai areal pertanian. Teknologi penginderaan jauh merupakan salah satu teknologi yang terintegrasi dan dapat memodelkan masalah-masalah pertanian kaitannya dengan menjaga konsistensi penggunaan lahan, serta proteksi stabilitas lingkungan. 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1872 times