Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

BEM KM FATETA Unand Hadirkan Hj. Emma Yohanna dalam Lecture Series History

15 April 2016

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) Universitas Andalas menggelar Lecture Series History di Ruang Seminar Gedung E  (14/4) Kampus Unand Limau Padang. Lecture Series History mengundang Ibu Hj. Emma Yohanna Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia 2014-2019 sebagai pembicara utama.

Ketua Panitia Acara, Arif Saputra mengatakan Lecture Series History 2016 merupakan kegiatan yang ke IV diadakan oleh BEM KM FATETA Universitas Andalas. Lecture Series History adalah acara tahunan BEM KM FATETA dengan tujuan untuk mendapatkan pelajaran dari orang-orang sukses serta menumbuhkan semangat dan motivasi mahasiswa Unand dalam menimba ilmu pengetahuan guna mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja khususnya bagi mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian. 

Sementara itu, Dekan Fakultas  Teknologi Pertanian Unand Prof. Dr. Ir Santosa, MP memberikan apresiasi terhadap acara yang diangkat oleh BEM KM Fateta.  Kegiatan ini  merupakan salah satu cara untuk mengasah dan mengembang softskill serta ketrampilan mahasiswa. Softskill inilah yang akan mambantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Untuk itu Dekan menekankan kepada mahasiswa yang hadir untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kemampuan softskill

Selain itu, Dekan juga mengatakan kehadiran Hj. Emma Yohanna ke Unand disela-sela kesibukannya sebagai anggota DPD RI tentu sebagai wujud kepeduliannya terhadap dunia pendidikan. Kesempatan yang berharga ini tentu harus dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk belajar kiat sukses seorang Emma Yohanna sehingga ia bisa seperti saat ini. 

Hj. Emma Yohanna pada kesempatan tersebut menceritakan pengalaman dan perjalanan karirnya hingga sampai sekarang ini. Menjadi Anggota DPD RI merupakan salah satu upaya bagi dirinya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Saat ini merupakan periode kedua bagi Emma Yohanna dalam menduduki kursi DPD RI.

Emma Yohanna mengatakan sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan strategis dalam perkembangan perekonomian nasional. Sektor ini merupakan bagian yang paling banyak menampung tenaga kerja dimana sebagian besar rakyat Indonesia bergerak dibidang pertanian. Tetapi pertanian Indonesia hingga sampai ini masih belum dapat menunjukkan hasil yang maksimal.

Disamping itu, Emma Yohanna juga mencontohkan bagaimana negara Jepang mampu memanfaat lahan yang ada untuk pertanian sehingga mampu menghasilkan hasil yang maksimal. Selain itu, Jepang juga menggunakan teknologi yang canggih, untuk menanam, menyirami, serta memanen petani-petani di Jepang dibantu dengan mesin. Emma Yohanna berharap kepada mahasiswa teknologi pertanian untuk terus menghasilkan inovasi-inovasi terbaru dibidang pertanian yang dapat meningkat produksi dan secara tidak langsung juga mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

Emma Yohanna berpesan kepada mahasiswa, setiap orang pasti punya keinginan masing-masing, satu hal yang paling penting adalah tetap menjaga kepribadian dan etika yang baik serta tidak melanggar aturan-aturan yang ada. Belajarlah dan manfaatkan waktu yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa ini.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1369 times