Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

LPPM Unand Adakan Konferensi Klaster Riset Berkelanjutan

11 April 2016

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Andalas (LPPM Unand) mengadakan acara Konferensi Riset Berkelanjutan Untuk Kejayaan Bangsa. Konferensi ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai bentuk pertanggungjawaban kegiatan penelitian Unand di tahun 2015 lalu. Acara ini dilaksanakan selama 5 hari yaitu dari tanggal 11-15 April 2016. Pembukaan acara dilaksanakan pada Senin (11/04) di Convention Hall Unand Kampus Limau Manis Padang. 

“Konferensi Klaster Berkelanjutan ini dilaksanakan dalam  tiga tema : (1) Ketahanan Pangan, Obat, dan Kesehatan; (2) Inovasi Sains, Teknologi, dan Industri serta (3) Pengembangan SDM dan Karakter Bangsa. Ketiga tema tersebut dirangkum dalam satu harapan Untuk kejayaan Bangsa seperti semboyan Unand” ucap Ketua LPPM Unand Dr. Uyung Gatot S. Dinata, MT saat dijumpai tim Humas usai acara pembukaan.

Lebih lanjut Dr. Uyung juga mengatakan pada tahun 2015 kurang lebih 400 penelitian Unand didanai oleh Dikti dan BOPTN Unand dan jumlah ini diluar penelitian yang sifatnya mandiri dan kerja sama dalam dan luar negeri. Saat ini potensi peneliti Unand mencapai 1500 orang dan itu angka yang cukup besar dibandingkan dengan perguruan tinggi lain. 

Namun tanpa diseminasi dan publikasi tentu penelitian itu akan sia-sia dan tidak bermanfaat. Maka acara ini tentu bagian dari salah satu diseminasi dari penelitian para peneliti Unand.

Dalam acara ini, LPPM Unand sebagai penyelenggara juga menghadirkan Keynote Speaker dari Pemerintahan yang nantinya di wakili oleh Bappeda Sumatera Barat, Kepala Kesbangpol Linmas dan dari PT Semen Padang.

Dr. Uyung menambahkan menghadirkan Keynote Speaker tentu dengan tujuan agar semua hasil penelitian tersebut nantinya bisa didengar oleh pemerintah dan pelaku usaha yang bisa menerima untuk bekerja sama dan mendukung keberlanjutan penerapan penelitian tersebut di tengah masyarakat.

Pernyataan di atas didukung penuh Oleh Rektor Unand sebagai pimpinan Unand, Prof. Tafdil Husni SE, MBA mengatakan sebenarnya para peneliti di Unand sangat banyak, namun belum terekspos dengan baik. Unand juga termasuk salah satu penerima dana hibah Dikti untuk penelitian terbanyak. Untuk mempertanggung jawabkan segala dana penelitian yang telah di terima Unand maka para peneliti Unand harus melakukan diseminasi dan publikasi jurnal dan harus terindeks scopus.

Selain itu, Rektor juga berpesan bahwa untuk penelitian haruslah yang original jangan sampai double founding agar penelitian yang dikerjakan itu bisa diakui dan mendapatkan Hak Paten dan HAKI. Selain itu, Rektor juga berharap agar penelitian yang dilakukan haruslah mengandung unsur inovasi yang menarik agar diminati oleh lembaga yang bisa memanfaatkan penleitian tersebut.

Selain itu Rektor juga menyampaikan harapannya pada dosen-dosen muda untuk segera melanjutkan sekolah, bagi yang masih magister untuk segera melanjutkan sekolah Doktor dan diharapkan bisa melanjutkan ke luar negeri dengan harap agar menambah ilmu pengetahuan dan bertukar informasi yang lebih baik lagi. Selain itu juga kuliah di luar itu juga akan menambah networking yang akan menguntungkan juga bagi Universitas Andalas kedepannya. 

Lebih lanjut Rektor juga mengungkapkan bahwa acara ini juga merupakan bagian dari rangkaian Lustrum Unand yang ke 12 yang nantinya akan dilaksanakan pada bulan September 2016 mendatang. 

Usai acara pembukaan acara dilanjutkan dengan kelas paralel yang dibagi menjadi 6 kelas. Masing-masing peneliti menempati kelas masing-masing sesuai dengan tema penelitian yang diteliti. 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1430 times