Fakultas Teknik Unand Selenggarakan IndFest 2016

11 April 2016

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Fakultas Teknik Universitas Andalas menyelenggarakan acara Industrial Festival (IndFest) 2016. Kegiatan ini diadakan dalam rangka  memeriahkan hari ulang tahun HMTI sekaligus dies natalis jurusan Teknik Industri ke 22. IndFest 2016 diselenggarakan pada 11 April-4 Mei 2016. Opening ceremony IndFest ini dilaksanakan pada Senin (11/4) di Gedung Perpustakaan Universitas Andalas Kampus Limau Manis Padang. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini “Percepatan Industrialisasi Sebagai Strategi Utama Dalam Pasar Tunggal ASEAN”. 

Ketua panitia IndFest 2016, Arifdho mengatakan pelaksanaan IndFest tahun 2016 merupakan yang ke 8 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Andalas. Acara ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Telkom, Universitas Prasetya Mulya, Universitas Esa Unggul, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Airlangga, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Jendral Sudirman, Universitas Sumatera Utara, IKIP PGRI Jember dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Lebih lanjut Arifdho menyebutkan rangkain kegiatan IndFest 2016 dikemas dengan berbagai kegiatan yang terdiri dari Indonesian Student Entrepreneurship Award (ISEA) yang dilaksanakan pada tanggal 11-13 April 2016. ISEA merupakan sebuah kompetisi membuat rencana bisnis (business plan) yang mencakup seluruh aspek dalam suatu bisnis. Kegiatan ini mengambil tema “Exploring Creative Industry Through Breakthrough Thinking”

Selain itu, juga dilaksanakan Student Essay Competetion (SEC). Acara ini diselenggarakan pada tanggal 14-19 April 2016 dengan menghadirkan peserta dari berbagai sekolah SMA/SMK di provinsi Sumatera Barat dan provinsi lain diluar Sumbar seperti Sumatera Selatan, Aceh, Sumatera Utara, Lampung dan Jawa Timur. Tahun ini panitia mengangkat permasalahan tentang percepatan industrialisasi Indonesia dengan tema spesifik strategi pengembangan industri kecil menengah dalam menghadapi pasar tunggal ASEAN.

Kegiatan lainnya dalam IndFest ini yaitu seminar nasional yang akan diadakan pada tanggal 27 April  2016. Seminar ini menjadi salah satu wadah komunikasi untuk membahas permasalahan-permasalahan yang terjadi dilingkungan sekitar serta untuk mencari solusi yang tepat dalam menghadapi permasalahan tersebut. Seminar nasional ini mengangkat tema “Peran Industri Manufaktur Indonesia Dalam Pusaran Pasar Tunggal ASEAN”. 

Arifdho menambahkan di IndFest 2016 ini juga dilaksanakan Industrial Engineering On Action (IDEA) pada tanggal 25-28 April 2016. IDEA merupakan lomba keilmuan teknik industri untuk seluruh Jurusan Teknik Industri se Indonesia dengan tema “The Acceleration Of National Industry By Improving National Logistics Performance”.  

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas Prof. Dr Ing. Hairul Abral mengatakan Teknik Industri Unand saat ini sedang melakukan persiapan untuk akreditasi international dan terus melakukan perubahan-perubahan yang signifikan. Hal tersebut dilaksanakan demi bangsa dan khususnya bagi mahasiswa teknik Universitas Andalas untuk persiapan menghadapi dunia kerja dimasa yang akan datang. Dekan menekankan kepada mahasiswa yang hadir untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan terus belajar secara sungguh-sungguh serta meningkatkan kreativitas dan inovasi guna memberikan sesuatu hal yang baru dan bermanfaat bagi bangsa ini.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1693 times