Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Talkshow Pertukaran Pemuda Antar Negara di Universitas Andalas

08 April 2016

Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Sumatera Barat bekerjasama dengan Universitas Andalas menggelar Infosession dan Talkshow untuk sharing pengalaman tentang Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2016 pada Jum’at (08/04) di lantai 3 Pusat Bahasa Universitas Andalas Kampus Limau Manis. Program ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan wawasan mahasiswa/peserta yang ingin mengikuti kegiatan PPAN tahun 2016. Hadir sebagai narasumber dari PCMI Fadhil Akbar Kurniawan, Ana Sakinah, Widya Febrina dan Kiki Riski.

Talkshow ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Kota Padang. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Roadshow yang sebelumnya juga diadakan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol.  

Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) merupakan program tahunan hasil kerja sama antara pemerintah Republik Indonesia dengan negara-negara sahabat yang kembali diadakan tahun ini. Program ini dikelola oleh Kementerian Olahraga dan Pemuda Republik Indonesia (KEMENPORA-RI). Pelaksanaannya bekerja sama dengan Dinas Olahraga dan Pemuda di tiap Provinsi serta Purna Caraka Muda Indonesia selaku wadah dari alumni PPAN. 

Kiki Riski mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Andalas dan juga alumni pertukaran pemuda Indonesia dengan pemerintah Jepang Ship for Southeast Asean Japanese Youth Program 2015 (SSEAYP) mengatakan Program yang ditawarkan PPAN 2016 saat ini diantaranya Asean Student Visit India (ASVI), Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP), Ship for Southeast Asean Japanese Youth Program (SSEAYP), Indonesia-China Youth Exchange Program (IChYEP), Indonesia-Korea Youth Exchange Program (IKYEP).

Sementara itu, Fadhil Akbar Kurniawan yang merupakan delegasi Indonesia-China Youth  Exchange Program 2015 dan juga mahasiswa Universitas Andalas menjelaskan persyaratan yang harus dilengkapi  untuk Pertukaran Pemuda Antar Negara dan hal-hal yang perlu disiapkan. Disamping itu Fadhil mengatakan setiap program hanya dapat mengirim satu delegasi dan batas dari pendaftaran PPAN sampai 11 April 2016 serta khusus untuk tahun ini tidak ada program Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP).

Disisi lain, Ana Sakinah selaku delegasi Sumatera Barat untuk Asean Student Visit India 2015 mengatakan program ini berlangsung selama 10 hari, tapi dengan sepuluh hari memberikan pengalaman yang berharga dan tak terlupakan. Program ini memperlihatkan potret kehidupan manusia, sistem pemerintahan, sistem pendidikan, ragam kebudayaan, pengelolaan sektor pariwisata, hingga masalah-masalah yang timbul pada masing-masing sektor di India.

Widya Febrina delegasi Sumatera Barat untuk Indonesia-Korea Youth Exchange Program 2014 berbagi pengalaman selama mengikuti program PPAN ke Korea Selatan. Widya mengatakan selama sebulan ia mendapatkan pengalaman berharga yang membuat belajar banyak tentang nasionalisme, kekeluargaan, wawasan dan toleransi yang mungkin tidak didapatkan dari tempat lain. 

PCMI berharap Talkshow dan sharing ini dapat menambah wawasan mahasiswa/peserta terkait dengan informasi-informasi yang berkaitan dengan seleksi PPAN. Selain itu, tentu juga dapat memberikan motivasi bagi seluruh yang hadir agar lulus mengikuti seleksi dan program yang telah direncanakan. PMCI juga berharap semakin banyak pemuda dari Sumatera Barat khususnya dari Universitas Andalas yang  lulus mengikuti PPAN di tahun 2016 dan tahun-tahun selanjutnya.

Humas dan Protokol Unand

 

 

Read 1470 times