Unand Gelar Bimtek Jabatan Fungsional PTP

23 Maret 2016

Universitas Andalas melalui bagian kepegawaian bekerja sama dengan Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud RI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) dan Angka Kredit pada Selasa (22/3) di Ruang Sidang Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang. 

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor II, Staf Pustekkom Kemdikbud, Kabag, Kasubag Tenaga Kependidikan, Kasubag Humas dan Protokol serta peserta pelatihan. Bimtek ini selain diikuti peserta dari Unand juga diikuti oleh peserta dari Universitas Negeri Padang dan LPMP Sumatera Barat. 

Wakil Rektor II Prof. Dr. Ir. Asdi Agustar, M.Sc  mengatakan Bimtek ini secara nasional sudah diatur oleh Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara.  Dimana setiap jabatan personal yang mempunyai jabatan fungsional harus memahami kaedah-kaedah tugas yang secara keseluruhan berkontribusi dalam proses pendidikan yang dilakukan di universitas. Jabatan PTP ini relatif masih baru dibandingkan dengan jabatan lainnya seperti dosen, laboran dan teknisi yang belum terlalu dikenal dalam upaya membantu proses belajar mengajar.

Dalam kerangka acuan jabatan fungsional, PTP ini sebenarnya merupakan jabatan strategis dan sangat penting yang dibutuhkan  oleh perguruan tinggi serta dianggap sebagai jabatan keahlian. Untuk itu, Bimtek ini tentulah sangat dibutuhkan. 

Wakil Rektor II juga memaparkan Unand dengan masa kepemimpinan periode 2015-2019 ini mempunyai moto yang menjadi prioritas penggerak bagi civitas akademika dalam melaksanakan tugas yakni Unand BISA  (BerInovasi, Sinergi dan Akselerasi ).  

Adapun makna dari moto BISA ini adalah Berinovasi yang berarti tidak lagi seperti biasa-biasa tapi melakukan suatu perubahan kearah yang lebih baik. Bersinergi yaitu saling bekerja sama antara satu bidang dengan bidang lainya sehingga terbangun sebuah keharmonisan. Sedangkan Akselerasi yaitu melangkah lebih cepat dibandingkan dengan apa yang sudah dikerjakan, dalam hal ini kegiatan Bimtek merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam melakukan percepatan tersebut. 

Wakil Rektor II berharap dengan pelaksanaan Bimtek ini dapat memberikan pemahaman tentang tata kerja dan tata cara dalam pengembangan teknologi pembelajaran, penetapan angka kredit, pengangkatan pertama, pembebasan sementara, pengangkatan kembali, dan pemberhentian dalam dan dari jabatan fungsional pengembang teknologi pembelajaran. 

Sementara itu, Dra. Andamsari, M.Si selaku Staf Pusat Teknologi Komunikasi Kemdikbud memaparkan pendayagunaan dan pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran sangat diperlukan dalam era sekarang ini. Teknologi telah dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan pendidikan, khususnya mengatasi pembelajaran. Agar pembelajaran dapat berlangsung lebih berdaya guna dan berhasil guna. 

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Antusias peserta bimtek terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 1337 times