Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Unand Selenggarakan National University Debating Championship 2016

14 Maret 2016

Untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam bahasa Inggris serta menyaring tim yang akan mengikuti National University Debating Championship (NUDC) 2016, Bidang Kemahasiswaan Universitas Andalas menggelar  NUDC 2016 tingkat Universitas Andalas pada Sabtu-Minggu, 12-13 Maret 2016 di Gedung UPT Pusat Bahasa Unand Kampus Limau Manis Padang. Hadir dalam acara ini Wakil Dekan III Fakultas di lingkungan Unand, juri dan undangan lainnya.

Wakil Rektor III Unand, Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, M.Sc menyebutkan bahwa proses seleksi NUDC tahun ini dilaksanakan beberapa tahap. Untuk tahap awal mahasiwa yang berminat mengikuti lomba dapat mendaftarkan diri ke fakultas masing-masing untuk mengikuti seleksi tingkat fakultas melalui koordinasi Wakil Dekan III masing-masing fakultas. Proses seleksi tingkat fakultas ini berakhir hingga tanggal 8 Maret 2016 yang lalu. Sedangkan pendaftaran tim dari masing-masing fakultas diterima bidang kemahasiswaan paling lambat tanggal 10 Maret 2016 pukul 14.00 WIB dan mengikuti seleksi tingkat Universitas Andalas. 

Lebih lanjut Wakil Rektor III menyebutkan bahwa kegiatan NUDC ini tentu sangat bermanfaat dalam mengasah kemampuan mahasiswa dalam bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Ditengah masyarakat global saat ini bahasa asing seperti bahasa Inggris amatlah penting. Untuk itu, lomba seperti ini perlu terus dilaksanakan. Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat menyampaikan ide dan pendapatnya terhadap hal yang yang terjadi saat ini yang bersifat global khususnya yang berkaitan dengan pendidikan.

Selain itu, kegiatan ini merupakan proses seleksi mahasiswa dari yang baik dan terbaik dari Universitas Andalas untuk mewakili Unand ditingkat regional dan nasional. Kita tentu berharap tim Unand dapat menjadi yang terbaik ditingkat regional dan nasional. Untuk itu kepada seluruh peserta yang mengikuti lomba Wakil Rektor III menghimbau untuk mempersiapkan diri dengan terus berlatih, mempersiapkan fisik dan mental guna menjadi yang terbaik. 

Sementara itu, Widia Eka Putri Juri dari Seleksi  NUDC 2016 Universitas Andalas mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam seleksi NUDC tahun ini. Panitia dan juri telah berhasil melaksanakan turnamen dan telah memilih delegasi dari Universitas Andalas yang akan mewakili Unand pada NUDC 2016 di tingkat regional dan nasional. 

Widia Eka Putri Juri menyebutkan dari 3 babak penyisihan dan hasil babak final yang dilaksanakan selama 2 hari ini (12-13 Maret 2016) didapatkan pemenang sebagai berikut :  Juara  Andalas Oratoria (Kevin dan Tari), Runner up 1: Fakultas Kedokteran (Gladys dan Aishah), Runner up 2 : Fakultas Ilmu Budaya (Dian dan Elsa), Runner up 3: Fakultas ISIP (Awani dan Patriyan).

Sementara itu, delegasi  yang akan mewakili Universitas Andalas untuk mengikuti NUDC 2016 tingkat regional dan nasional adalah: Pendebat 1: Dian Septiari (FIB), Pendebat 2: Kevin Kurniawan (Teknik) dan Juri: Melati D. Khalik (Kedokteran). Widia Eka Putri mengharapkan dukungan terus menerus dari kemahasiswaan untuk tim ini dan masyarakat debat di Unand sehingga kita selalu dapat meningkatkan prestasi Unand di tahun-tahun mendatang.

Humas dan Protokol Unand

 

 

 

Read 1330 times