Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

LPPM Unand Selenggarakan Sosialisasi Program Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri

02 Maret 2016

Dalam rangka peningkatan peranan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pada pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk Pembangunan Nagari, Universitas Andalas melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengadakan Sosialisasi Program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri pada Selasa (01/03) di Ruang Seminar Gedung E Lantai II Kampus Universitas Andalas Padang. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, M.Sc,  Ketua LPPM, Dr. Ing. Uyung Gatot Safrawi Dinata, MT, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua LPPM Unand, Dr. Ing. Uyung Gatot Safrawi Dinata, MT menerangkan beberapa hal yang terkait dengan  KKN diantaranya lemahnya Pendanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Mandiri di Universitas Andalas.  Uyung Gatot juga menyampaikan jumlah mahasiswa yang akan mengikuti KKN tahun ini sebanyak 4.500 mahasiswa dengan DPL sebanyak 120 orang yang akan tersebar di  15 Kabupaten/Kota dan 120 Nagari di Sumatera Barat. Disamping itu, Uyung Gatot mengharapkan DPL bersama mahasiswa KKN dapat menghasilkan kegiatan-kegiatan yang dapat membantu dan mengembangkan  potensi suatu nagari tersebut.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unand, Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, M.Sc menjelaskan saat ini setiap desa/nagari mempunyai dana desa dan juga  program-program khusus dari pemerintah maupun swasta diantaranya dari Yayasan Damandiri yaitu Posdaya, Dirjen Pengendalian dan Perubahan Iklim yaitu Membuat Kampung Iklim. Diharapkan nantinya Dosen Pembimbing Lapangan menjadikan suatu topik penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk terus dikembangkan.

Selain itu, ada juga Program Hibah Bina Desa, yang juga dilombakan secara kompetitif oleh unit-unit kegiatan mahasiswa. Untuk Program Dana Hibah Bina Desa masih ada peluang dalam pengiriman proposal sampai tanggal 27 Maret 2016 mendatang.

Lebih lanjut Prof. Hermansah menjelaskan manfaat KKN bagi mahasiswa, institusi terutama dosen dan juga civitas akademika serta juga pemerintah daerah tempat KKN dilaksanakan. Prof. Hermansah juga berencana untuk mengundang Dirjen Pengendalian dan Perubahan Iklim pada bulan April untuk memberikan wawasan bagi mahasiswa-mahasiswa yang akan melakukan KKN.

Sosialisasi Program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Mandiri menghadirkan narasumber diantaranya Dr. Ir. Ujang Khairul, M.Si menjelaskan tentang Identifikasi Masalah dan Analisis Masalah (IMAP), Dr. Ir. Erigas Eka Putra, MS tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nagari, Dr. Asniati, SE, MBA, Ak, CA tentang Pengelolaan Keuangan Nagari atau Desa, Dr. Drs. Chairul Anwar, MSi tentang Strategi Pembentukan dan Pengembangan Posdaya Nagari dan Yossyafra, ST, M. Eng, SC, Ph.D tentang Program Pengembangan Nagari Berbasis Data dan Infrastruktur.

Humas dan Protokol Unand

Read 1698 times