Acara Pengukuhan Prof. Dr. Fatma Sri Wahyuni, SSi, Apt  Klik tombol ini
Toggle Bar

Unand Dapat Hibah Penguatan Kelembagaan KUI 2018

08 Agustus 2018

Padang (Unand) – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Layanan Internasional Universitas Andalas terus meningkatkan dan menjalankan program kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi baik dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri yang bertujuan untuk mewujudkan prestasi akademik antar perguruan tinggi tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala UPT Layanan Internasional Universitas Andalas Vonny Indah Mutiara, Ph. D pada Rabu (8/8) di ruang kerjanya Lt II Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Dikatakannya tahun 2018 ini UPT Layanan Internasional Universitas Andalas telah berhasil mendapatkan hibah Penguatan Kelembagaan Kantor Urusan Internasional (KUI) dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek-Dikti) yang dijalankan melalui program Joint Summer Course.  

“Program ini di jalankan oleh jurusan biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas berkolaborasi dengan Universitas Bengkulu,” ungkapnya.

Tema yang di angkat yaitu Biodiversity (Exploring Animal and Plant Biodiversity of Tropical Ecosystems to Exchange Academic Partnerships and Exchanges) yang berlangsung dari tanggal 6-10 Agustus 2018 di Padang Provinsi Sumatera Barat dan pada tanggal 13-17 Agustus 2018 di Bengkulu.

Adapun tujuan dari program Joint Summer Course ini disebutkannya Untuk mengembangkan kerja sama dan melaksanakan program internasional Universitas Andalas dan Universitas Bengkulu dan untuk mempromosikan kekayaan alam hayati yang menjadi unggulan provinsi Sumatera Barat dan Bengkulu kepada masyarakat internasional khususnya peserta Summer Program.

Selain itu juga untuk mengenalkan (mempromosikan) Universitas Andalas dan Universitas Bengkulu sebagai salah satu Universitas yang bisa dijadikan tujuan studi oleh peserta dan untuk memberikan pengalaman internasional kepada segenap sivitas akademika Universitas Andalas dan Universitas Bengkulu, khususnya mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut dimana mereka akan berinteraksi dengan mahasiswa internasional. 

“Serta untuk menghasilkan program Joint Summer Course unggulan dan dapat berkelanjutan pada tahun-tahun mendatang,” sambungnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan Program Joint Summer Course ini diikuti oleh mahasiswa dari Universitas Andalas, Universitas Bengkulu dan perguruan tinggi luar negeri seperti Sun Yat Sen University China, Ming Chi University of Technology Taiwan, dan Universitas Malaysia Kelantan. 

Adapun total mahasiswa yang mengikuti program ini berjumlah 21 (dua puluh satu) orang mahasiswa yang akan difasilitatori oleh dosen Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Andalas yaitu Dr. Rizaldi pakar bidang Primata, Dr. Wilson Novarino pakar bidang burung dan Dr. Aandrean pakar bidang satwa.

Fasilitator lain yang terlibat dalam program ini adalah Professor Dr. Zhang Peng dari Sun Yat-Sen University dan Dr. Yamato Tsuji dari Primate Research Institute Kyoto University. 

Sementara itu Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr. Ir. Endry Martius, MSc dalam pembukaan acara menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Joint Summer Course ini. 

Hal ini karena Universitas Andalas adalah satu-satunya Universitas yang memiliki Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi (HPPB) yang ada di dalam lingkungan kampus dengan luas lebih kurang 150 ha. 

Lebih lanjut ia mengatakan ini juga merupakan salah satu upaya untuk melindungi dan mempromosikan keanekaragaman hayati di HPPB kampus Universitas Andalas dan Universitas Bengkulu. 

Ia berharap kegiatan ini dapat juga di manfaatkan oleh jurusan lain di lingkungan Universitas Andalas maupun Universitas Bengkulu di masa yang akan datang untuk memperdalam bidang ilmu masing-masing.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 219 times