Live Streaming Wisuda III Program Sarjana dan Diploma Tahun 2018  Klik tombol ini
Toggle Bar

FT Unand Peringati Hari Lahir Ke 33 Tahun

14 Mei 2018

Padang (Unand) – Fakultas Teknik Universitas Andalas memperingati hari lahirnya (Dies Natalis) yang ke 33 tahun dengan menggelar rapat senat terbuka pada Senin (14/5) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Fakultas Teknik lahir pada 13 Mei 1985 dengan dua program studi awal yaitu Teknik Mesin dan Teknik Sipil yang menjalankan operasionalnya di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Kampus Unand Air Tawar Padang.

“Dengan adanya program studi Teknik Mesin dan Teknik Sipil menjadi tonggak sejarah dimulainya pertama kali perkuliahan bidang ilmu teknik di Universitas Andalas,” kata Dekan Fakultas Teknik Ir. Insannul Kamil, Ph. D saat memberikan sambutan dihadapan para tamu undangan.

Disampaikannya setelah resmi menyandang status menjadi fakultas pada tahun 1993 Fakultas Teknik semakin bertumbuh dan dengan akselarasi yang tinggi mulai menambah program studi yaitu teknik industry, teknik lingkungan dan teknik elektro.

Dalam perayaan ini Fakultas Teknik Universitas Andalas mengusung tema “Membangun Budaya Inovasi untuk Meningkatkan Daya Saing Pendidikan Tinggi Teknik Memasuki Era Revolusi Induntri 4.0”.

“Kemunculan Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi dinamika dan kompleksitas persaingan global,” ujarnya.

Menurutnya perubahan yang terjadi melalui Revolusi Industri 4.0 diprediksi akan memiliki dampak luas terutama dalam hal kebutuhan kompetensi Sumber Daya Manusia dimasa yang akan datang.

“Fakultas Teknik Universitas Andalas sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi teknik dituntut untuk memberikan ketrampilan analisis data, Artificial Intelegent, teknologi dan Machine Learning serta mampu untuk berpikir secara kreatif dan inovatif kepada mahasiswa,” sambungnya.

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengucapkan selamat kepada fakultas Teknik atas dies yang ke 33 tahun dengan telah banyak capaian-capaian yang didapatkan oleh civitas akademika.

Menanggapi sambutan Dekan Teknik Rektor menyatakan saat ini kita sudah berada di era tersebut ditandai dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat dalam tiga tahun terakhir yang disebut distruktif teknologi karena merubah semua aspek.

Perubahan teknologi akan mempengaruhi dalam dunia pendidikan seperti yang disampaikannya dalam upacara HARDIKNAS yaitu menghadapi revolusi industri 4.0 Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) telah bergerak dengan membuat kebijakan. 

“Salah satu kebijakannya adalah Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ),” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam waktu dekat Kemenristekdikti akan mengeluarkan (Peraturan Menteri (Permen) Ristekdikti untuk mendukung pelaksanan program ini.

Dikatakannya adapun salah satu implementasi untuk mendukung PJJ ini adalah pembangunan Universitas Cyber atau Cyber University yang dipersiapkan untuk  pembelajaran Daring.

Pendidikan tinggi kedepan akan menawarkan banyak pilihan model pembelajaran mulai dari face to face, Online Learning hingga Blendid Learning.

Selain itu Dr. Oktanovia Susanti, M. Eng juga menyampaikan Orasi Ilmiah tentang Paduan Mg-Gd sebagai Kandidat Material Implan Tulang Mudah Larut Dalam Tubuh.

Dalam waktu yang bersamaan Fakultas Teknik juga memberikan penghargaan kepada Dosen dan Mahasiswa yang berprestasi.

 

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 259 times