Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Lestarikan Budaya Mahasiswa Unand Gelar Seminar Kebudayaan

02 Februari 2016

Seminar Budaya1Dalam rangka meningkatan pemahaman mahasiswa terhadap budaya nusantara, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM UA) menggelar Seminar Kebudayaan bertajuk “Sejuta Pesona Budaya Nusantara”. Seminar ini dihelat pada Selasa, 2 Februari 2016 di Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang. Acara ini menghadirkan pemateri Gubernur Sumatera Barat terpilih Prof. Dr. Irwan Prayitno, M.Sc, Musra Dahrizal Katik Mangkuto “Mak Katik” yang merupakan budayawan Sumbar, dan Dr. Fajri Husman, M.Hum, Ahli Antropologi sekaligus dosen FIB Unand.

Seminar Budaya3“Dewasa ini masih banyak mahasiswa yang belum memahai budayanya sendiri dan lebih memuja budaya bangsa lain. Untuk itu, kami dari BEM KM Unand berkeinginan untuk kembali mengajak mahasiswa dan generasi muda untuk mengenal dan mencintai budayanya sendiri” Ucap Ketua BEM KM Unand, Reido Deskumar. selaku ketua pelaksana.

 

Tidak banyak organisasi mahasiswa yang membahas tema berkaitan dengan budaya. Untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang tengah berlangsung saat ini, pasti akan mempengaruhi budaya yang akan masuk ke negara Indonesia. Jadi, tentu kita sebagai mahasiswa perlu tahu peran apa yang dapat kita ambil dalam melestarikan budaya nusantara khususnya Sumatera Barat. Ridho menambahkan kegiatan ini tentu bermanfaat dalam menumbuhkan rasa peduli dan cinta akan budaya nusantara.

 

Seminar Budaya2Sementara itu, Wakil Rektor II Unand, Prof. Dr. Ir. Asdi Agustar, M.Sc menyebutkan bahwa seminar ini tentu sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk meningkatkan wawasan mahasiswa berkaitan dengan budaya yang ada di Indonesia maupun di Sumatera Barat. Indonesia yang terdiri dari berbagai macam kultur dan kebudayaan merupakan kekayaan yang tak ternilai.

 

 Selama ini kita melihat tidak banyak generasi muda maupun mahasiswa yang benar-benar mau mendalami dan memahami persoalan budaya. Atas nama pimpinan Unand Wakil Rektor II sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh BEM KM Unand ini. Unand tentu berharap kegiatan ini tidak sebatas seremonial saja, akan tetapi akan ada tindak lanjutnya dengan kegiatan-kegiatan lainnya yang akan meningkatkan soft skill mahasiswa.

 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 834 times