Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Unand Gelar Workshop LEEAP Tahap Keempat

26 Januari 2016

Proyek Education Leadership and Management (HELM) yang disponsori oleh USAID memprakarsai kolaborasi antara Arizona State University(ASU) dan Universitas Andalas (UNAND) melalui program inisiatif khusus yang disebut dengan Pendidikan Kepemimpinan Untuk Program Akreditasi Teknik atau Education for Engineering Accreditation Program (LEEAP). Program LEEAP ini berfungsi sebagai katalisator untuk memperkuat mutu dan daya saing program studi bidang ilmu pengetahuan alam, teknologi, teknik, dan matematika (science, technology, engineering and math atau STEM) pada institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang telah memenuhi standar regional dan internasional.

Program intensif satu tahun telah diresmikan di Ruang Library dan Conference UNAND pada pertengahan Juni 2015 yang dilanjutkan dengan lokakarya pertama di akhir Juni 2015. Pada lokakarya kedua Agustus 2015 para peserta belajar mengembangkan materi di tingkat perkuliahan yang pada akhirnya akan mempersiapkan peserta untuk menjalani proses akreditasi secara berkelanjutan; mereka juga memusatkan diri pada pembelajaran aktif dan bagaimana cara meningkatkan teknik mengajar. Dan lokakarya ketiga Oktober 2015 para ahli kembali hadir untuk memberikan kiat-kiat mengenai pendekatan perkuliahan terbaru sekaligus cara untuk memperbaiki silabus melalui pendekatan tersebut.

 

Untuk menindaklanjuti pelaksanaan lokakarya, USAID HELM kembali bekerja sama dengan UNAND dan ASU menyelenggarakan lokakarya tahap keempat pada 25 – 29 Januari 2016 di Audtorium Senat kampus UNAND, Limau Manis, Padang. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Tafdil Husni MBA, yang baru saja dilantik menjadi rector UNAND periode 2015-2019 menyatakan komitmen jajaran pimpinan dan pengurus baru UNAND untuk  terus mendukung kegiatan LEEAP dan upaya pencapaian akreditasi internasional di UNAND.

 

Peserta Workhop LEEAPPada lokakarya keempat ini ASU diwakili oleh Dr. Kathy Wigal, Dr. David Benson, dan Bp. Jeffry Goss; sementara tim USAID HELM diwakili oleh Chief of Party Dr. Andrea Bosch dan Spesialis Penjaminan Mutu, Dr. Abdul Rahman. Para ahli ini akan menyampaikan berbagai topik lokakarya, antara lain Pengembangan Kemampuan (Faculty Development Workshop) serta Asesmen Program dan Evaluasi Tim (Program Assessment & Evaluation Team).

 

Hasil dari LEEAP diharapkan dapat membuka kesempatan bagi industri dan mitra akademisuntuk mengembangkan proyek-proyek yang berorientasi memecahkan masalah danmenciptakan jalan keluar, sehingga di masa depan bisa digunakan sebagai mekanisme utamadalam mencapai status mandiri bagi institusi pendidikan tinggi. Demi memperluas manfaat dariLEEAP, selain profesional pendidikan tinggi dari di UNAND, lokakarya ini juga dihadiri oleh berbagai perwakilan dari lembaga pendidikan lain yang menjadi mitra USAID HELM, antara lain Universitas Hasanuddin, dan Universitas Negeri Padang.

 

Setelah lokakarya keempat ini, rencananya tim akreditasi internasional American Board for Engineering and Technology (ABET) atau ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) akan hadir ke UNAND untuk melakukan kunjungan Salah Satu simulasi materi yang disampaikan Narasumbersimulasi (mock-up visit) untuk melihat kesiapan UNAND dalam menghadapi proses akreditasi internasional. Nantinya, UNAND juga diharapkan untuk dapat menyampaikan ilmu dan pengalaman yang diperolehnya melalui program LEEAP kepada institusi pendidikan tinggi lainnya yang menjadi mitra USAID HELM.

 

UNAND terpilih sebagai mitra utama HELM dalam program LEEAP ini karena kekuatan yangdimiliki oleh institusi tersebut yang disertai dengan kesiapan dan komitmen yang tinggi. DekanFakultas Teknik dan Koordinator LEEAP UNAND, Prof. Dr. Ing. Hairul Abral, mengungkapkan, “Saya sangat menghargai dukungan HELM terhadap UNAND melalui LEEAP. Kami siap danmerasa sangat antusias untuk memperoleh pengetahuan dan kemampuan yang akan dibagikanmelalui LEEAP, serta berharap bahwa dengan LEEAP, UNAND akan dapat terus meningkatkankualitas dan pelayanan dalam seluruh bidang tri-dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.”

 

 

 

Humas dan Protokol Unand

 

Read 709 times