Kuliah Umum bersama Kepala BNPT Republik Indonesia (BAKTI 2018)  Klik tombol ini
Toggle Bar

Unand Sosialisasi Program Erasmus + Bagi Dosen

13 Februari 2018

Padang (Unand) - Universitas Andalas melalui UPT Layanan Internasional bekerja sama dengan kantor Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam menyelenggarakan Diseminasi Program Erasmus+ yang merupakan pendanaan untuk kegiatan riset, community services, short course dan pengembangan kapasitas organisasi pada Selasa (13/2) di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Kampus Limau Manis Padang.

Destriani Nugroho Manager Program Erasmus+ Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam mengatakan bahwa Uni eropa memiliki kemitraan dengan Indonesia dan Brunei Darussalam dalam pendidikan. Uni Eropa sangat mendukung pendidikan di Indonesia melalui program Erasmus+ dengan memberikan beasiswa untuk studi S2 dan S3 ke Eropa bagi para civitas akademik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Sosialisasi ini adalah sosialisasi perdana Uni Eropa mempromosikan program Erasmus+ ke Sumatra Barat di Kampus Limau Manis Universitas Andalas. Selain itu, Universitas Andalas juga mengundang para akademisi dari universitas lain di Sumatra Barat. Pada kesempatan itu, hadir sekitar 160 peserta dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

”Ini adalah sosialisasi pertama program Erasmus+ bagi Uni Eropa ke Sumbar di Universitas Andalas. Harapannya setelah kita sosialisasi ini para civitas akademik dapat membuat dan mengajukan proposal sebelum tenggat waktu yang diberikan,” ujarnya.

Destriani Nugroho Manager Program Erasmus+ Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam mengatakan bahwa Eropa memiliki penjaminan mutu pendidikan yang sangat bagus dan sangat ketat. Kualitas pendidikan dan pengembangan keterampilan di dunia Internasional itu sangat penting untuk melatih kemandirian seseorang. Sehingga penerima beasiswa dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan Indonesia.

”Uni Eropa menyelenggarakan Erasmus+ meliputi bidang pendidikan, pelatihan, pemuda dan olahraga, yang didukung anggaran yang cukup besar. Erasmus+ memberikan dana beasiswa kepada penerimanya sejumlah 24.000 Euro per mahasiswa untuk program pendidikan satu tahun, dan 48.000 Euro per mahasiswa untuk program pendidikan dua tahun.

Uni Eropa berkomitmen meningkatkan kualitas SDM melalui pemberian skema beasiswa untuk menempuh pendidikan di pusat-pusat pendidikan unggulan di seluruh Eropa. Beasiswa Erasmus+ menjangkau 140 program magister (S2) dan 42 program doktoral (S3). Bidang studi yang didanai mencakup berbagai bidang, seperti teknologi, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, bisnis, ilmu ekonomi, hukum, serta ilmu pengetahuan budaya dan sastra. 

Humas dan Protokol Universitas Andalas

 

Read 464 times