Kuliah Umum bersama Kepala BNPT Republik Indonesia (BAKTI 2018)  Klik tombol ini
Toggle Bar

Civitas Akademika Unand Peringati Hari Pahlawan ke 72

10 November 2017

Padang (Unand) – Dalam rangka memperingati hari pahlawan yang ke 72 segenap Civitas Akademika Universitas Andalas mengadakan upacara bendera pada Jumat (10/11) di Lapangan Upacara Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA bertindak sebagai Pembina upacara membacakan amanat dari Menteri Social (Mensos) Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansah.

Peringatan hari pahlawan tahun 2017 mengangkat tema tentang “perkokoh persatuan membangun negeri”.

Dikatakannya hari pahlawan yang diperingati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia yakni peristiwa pertempuran 10 november 1945 di Surabaya.

“Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama dan budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidup, jiwa serta raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia,”ujarnya.

Ia menambahkan semangat kebangsaan yang dikenang hari ini adalah sebuah nasionalisme yang dilandasi oleh kemanusiaan yang universal bukan nasionalisme yang sempit.

Seperti yang dikatakan oleh bung karno dalam pidatonya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.

Menurutnya tanpa pengorbanan  dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Republik Indonesia.

Dalam era kemajuan global seperti ini Negara-negara asia dianggap sebagai kutub-kutub baru kemajuan peradaban dunia, oleh karena itu persatuan Indonesia bukan hanya imperative yang harus kita rawat sebagai suatu bangsa.

Ditambahkannya lebih dari itu persatuan Indonesia adalah sebuah prasyarat menjadi bagian dari kekuatan yang tengah tumbuh the rising forse bersama dengan bangsa-bangsa lain seperti China, India dan Korea. 

Ia juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 451 times