Penerimaan Mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur  Klik tombol ini untuk selengkapnya
Toggle Bar

Tingkatkan Pemahaman PKM, Dirjen Belmawa Gandeng Unand adakan Sosialisasi

11 Oktober 2017

Unand (Padang)- Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  menggandeng UKM Penalaran Universitas Andalas dalam menyelenggarakan Sosialisasi Peningkatan Kemampuan Kreativitas Mahasiswa PKM 5  Bidang Tahun 2017 pada hari Selasa (10/10) di Convention Hall, kampus UNAND Limau Manis, Padang.

PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) merupakan program yang dibanggakan karena mahasiswa tidak hanya dituntut untuk bisa membuat sebuah proposal yang baik namun juga dapat berpikir kritis dan mampu bekerja dalam tim (team work). 

Wakil rektor III Universitas Andalas Dr. Ir. Hermansyah MS,M.Sc mengatakan bahwa program ini telah dibuat oleh ristekdikti sejak tahun 2001 dan selalu mengalami inovasi dan perubahan yang baik tiap tahunnya. “Kalau sudah bisa masuk setidaknya kluster satu mahasiswa sudah dapat menerapkan pilar-pilar seperti penelitian, pengabdian, teknologi, dan kewirausahaan” tambahnya.

Acara yang dihadiri oleh wakil dekan III fakultas di Universitas Andalas dan dosen pembimbing dari seluruh PTN dan PTS yang ada di Sumatera Barat ini digelar tujuannya agar mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi tentang program ini. Perwakilan dari Dirjen Belmawa Dr. Widyo Winarso M.Pd juga menegaskan bahwa sejak 31 desember 2017 mendatang Indonesia dan ASEAN telah menjadi satu warga besar yaitu ASEAN Community. 

Untuk mencapai kesetaraan dengan negara-negara ASEAN lainnya maka Indonesia tidak hanya boleh bergantung pada PTN dan PTS yang hanya mampu menghasilkan lulusan. Namun juga memupuk mahasiswa agak mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru yang berguna bukan hanya untuk dirinya namun juga masyarakat sekitar.

 “Bayangkan tiap bulan PTN dan PTS meluluskan setidaknya seribu mahasiswa dan di Indonesia sendiri ada lebih dari seribu PTN maka apa yang akan terjadi pada mereka”. Tambahnya 

Senada dengan itu, Rektor Unand Prof. Dr. Tafdil Husni, SE.,MBA mengatakan bahwa mahasiswa sebagai agen pembawa perubahan harus inovatif, kreatif, bertanggung jawab dan mau mengambil resiko sebagai suatu tantangan. 

Suatu negara yang kuat adalah negara yang banyak melahirkan mental-mental kewirausahaan untuk membangun semangat mahasiswa dalam berkreatifitas. “Bahkan harusnya yang mendapatkan beasiswa-beasiswa di Unand ini juga ikut andil untuk ikut dalam program ini. Jangan jadikan beban, tapi jadikan pembelajaran, kalau menang urusan nanti”. tambahnya

Acara ini juga menghadirkan pemateri diantaranya Yudi harianto dan Adnin Retno Ningsih membahas tentang lima bidang PKM melingkupi PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-T (Penerapan Teknologi), dan PKM-KC (Karsa Cipta). 

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 180 times