Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN 2018  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Mahasiswa Unand Ikuti Program Summer Course di Japan

06 Oktober 2017

Padang (Unand) – Sebanyak 12 mahasiswa Universitas Andalas ikuti Program Summer Course di dua universitas Jepang yakni Osaka City University dan Perfectural University of Hiroshima selama sepuluh hari dari tanggal 11-20 Oktober 2017. 

Wakil Rektor III Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Hermansah mengucapkan selamat dan sukses kepada mahasiswa yang telah terpilih untuk mengikuti program ini ke Negara Matahari Terbit tersebut.

Summer Course merupakan program kuliah singkat selama 10 hari ke perguruan tinggi mitra Universitas Andalas di luar negeri termasuk Jepang,”ujarnya saat pelepasan mahasiswa yang mengikuti program Summer Course pada Jumat (6/10) di Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Mahasiswa yang mengikuti program ini dituntut untuk berlajar baik itu budaya maupun bahasa daerah dinegara tersebut serta mengikuti workshop, pembelajaran dikelas, di laboratorium dan diskusi terkait akademik.

Menurutnya, program ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang dunia internasional baik itu dalam bentuk, budaya, sosial maupun dibidang teknologi.

Ia berharap keberangkatan menjadi penyemangat bagi mahasiswa lain yang juga memiliki berkeinginan untuk mengikuti kegiatan ini dan juga memberikan dampak positif bagi mahasiswa tersebut sehingga ada perubahan yang lebih baik kedepannya setelah mengikuti program ini.

Disamping itu Ia berpesan kepada mahasiswa yang akan mengikuti program ini agar tetap menjaga nama baik universitas dan tanah air. 

“Sebab saat kita berada di negara lain kita tidak membawa nama universitas saja tetapi juga membawa nama negara kita sendiri,”sambungnya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelayanan Teknis Layanan International Vonny Indah Mutiara, Ph. D mengatakan tahun ini universitas andalas mengirimkan 49 mahasiswanya untuk mengikuti program Student Mobility, Credit Earning dan Summer Course diberbagai perguruan tinggi luar negeri.

“Program Summer Course ini diikuti oleh mahasiswa Universitas Andalas dari berbagai fakultas,”ungkapnya. 

Disebutkannya sembilan dari 12 mahasiswa yang mengikuti program ini berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sedangkan dua lagi berasal dari Fakultas Pertanian dan satu lagi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas.

Disebutkannya Sembilan mahasiswa tersebut yakni Ranthy (Biologi), Eggy Triana Putri (Biologi), Afifah Atika (Biologi), Rudy Hidayat (Fisika), Fauzi (Biologi), Muhammad Algiffari (Biologi), Qonitah Fadhilah (Biologi), Suryani Kasih Christine (Biologi), Astri Amelia (Biologi) Syifa Nisrina Harfi (FKG) mengikuti program ini di Osaka City University Jepang.

“Selain itu dua lagi dari Fakultas Pertanian Universitas Andalas yakni Mochammad Farhan Aturullah dan Gusti Tinansih Herlambang di Perfectural University of Hiroshima Jepang yang sudah menyelesaikan program ini karena jadualnya dari tanggal 17-27 Agustus 2017,”tambahnya.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 682 times