Kuliah Umum bersama Kepala BNPT Republik Indonesia (BAKTI 2018)  Klik tombol ini
Toggle Bar

Unand Gelar Simposium International ASJI 2017

05 Oktober 2017

Padang (Unand), Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas berkerjasama dengan Asosiasi Studi Jepang di Indonesia (ASJI) menggelar Simposium Internasional ASJI 2017 di Convention hall kampus UNAND Limau Manis Padang pada Kamis (5/10). 

Symposium ini mengangkat tema “Labour, Employment and Industry in Japan and Indonesia: Cultural, Sosial and Economic Perspective” yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Dachriyanus, Apt.

Dalam symposium ini menghadirkan pembicara utama yakni Prof. Yoshino Fumio, Ph.D dari Institute of World Studies, Takushoku University Japan dan Dr. Cosmas Batubara Rektor Universitas Podomoro.

Ketua Panitia Lady Diana Yusri, SS, M. Hum mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya dan ini merupakan yang kesembilan kalinya. 

Ditambahkannya unand dipercaya sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan ini yang sebelumnya di adakan di Universitas Indonesia.

“Kegiatan bertujuan untuk memberikan gambaran tentang perkembangan Jepang saat ini serta tindak lanjut hubungan kerjasama antara Indonesia dengan Jepang baik dalam perspektif budaya, sosial dan ekonomi,”ujarnya.

Indonesia sebagai negara berkembang tentu melakukan hubungan kerjasama dengan berbagai negara lain didunia salah satunya negara Jepang.

Menurutnya jepang adalah salah satu Negara di asia yang dikenal dengan tingkat kemajuannya dibidang teknologi dan pendidikan.

Sementara itu, Ketua umum ASJI pusat Julian Adrian Pasha, Ph. D mengatakan perubahan signifikan dunia industri yang mengarah pada otomatisasi dan komputerisasi berdampak besar pada penggunaan tenaga manusia seperti yang terjadi di Jepang.

Dikatakannya di Negara maju seperti di Jepang sudah mulai menggantikan peran manusia dengan bantuan robot.

“Salah satu tujuan diadakan symposium ini adalah untuk saling tukar pikiran dari berbagai pihak untuk mencarikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi saat ini,”ungkapnya.

Disebutkannya jumlah penduduk di Negara jepang semakin berkurang, maka dengan menggunakan tenaga robot merupakan salah satu solusi yang dipilih oleh jepang.

Ia mendorong pelaksanaan simposium internasional 2017 ASJI terkait perubahan perspektif di bidang kultural, sosial, ekonomi terkait buruh dan ketenagakerjaan di industri Jepang.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 593 times