Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Unand menyelenggarakan Konferesi Internasional ICEE 2017  

30 Agustus 2017

Universitas Andalas bekerjasama dengan Cafet Innova Technical Society India mengadakan 4th Internasional Conference on Earth Science and Engineering (ICEE 2017). Konferensi ICEE 2017 dimulai tanggal 29 sampai 31 Agustus 2017, bertempat di Convention Hall Unand. Kegiatan ini dari Unand diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Sipil dan dukungan penuh dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unand.

 

Rangkaian kegiatan konferensi internasional ini dimulai dengan pre-conference workshop dengan tema ‘Outcome Based Education’ pada hari Senin 28 Agustus 2017, bertempat di Lantai 5 Gedung Pustaka Unand. Acara pre-workshop ini diselenggarakan oleh LP3M Unand dan ICEE 2017 yang menampilkan Dr. Deepak dari Lincoln College Malaysia sebagai pembicara. Workshop ini membahas upaya-upaya perbaikan pembelajaran, dihadiri oleh dosen-dosen dari berbagai jurusan dan fakultas di Unand.

Pada Senin malam (28 Agustus 2017) dilaksanakan welcome dinner bagi peserta konferensi di Gedung Gurbenuran Sumbar dengan tuan rumah Pemprov Sumbar. Acara ini dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr. Ir. Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Nasrul Abit, Rektor Universitas Andalas Prof Tafdil Husni, dan tamu undangan lainnya. Pada kegiatan ini Menteri PUPR menyampaikan paparan tentang perkembangan kemajuan infrastruktur di Indonesia.  Pada kesempatan tersebut, Menteri PUPR juga secara resmi membuka konfrensi ICEE 2017.

Acara ilmiah dimulai pada hari Selasa pagi (29 Agustus 2017) dengan menampilkan serangkaian pembicara kunci dalam seri pleminary talk di Convention Hall Unand. Hadir sebagai pembicara adalah Prof. Richard Heigh (University of Huddersfield, UK),  Agus Salim, MH (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral), Prof. Shuici Torri (Kumamoto University, Jepang), Prof. Dr. Iwan Kridasantausa (ITB), Dr. Febrin Anas Ismail (Unand), Prof. Dilathi Amaratungga (University of Huddersfield, UK), Dr. S. Rajamani (AIUE, India), Prof. Louise K. Comfort (University Pittsburgh, USA) dan Dr.Ing. Uyung Gatot S. Dinata (Unand).

Acara kemudian dilanjutkan pada 4 Technical Session dengan masing-masing ada 4 ruangan selama dua hari di Convention Hall Unand. Acara konferensi ICEE 2017 terbilang cukup sukses dengan lebih dari 146 makalah disajikan oleh pembicara dari berbagai negara. Dari hasil pengamatan terjadi diskusi-diskusi yang menarik dari penyaji dan peserta dalam setiap sesi paralel. Makalah-makalah dari ICEE 2017 ini selanjutnya akan dipublikasikan dalam beberapa jurnal yang terindeks scopus.

Acara ilmiah diakhiri pada sore Rabu (30 Agustus 2017) dengan acara penutupan. Pada acara ini diserahkan penghargaan kepada peserta berupa best paper award dan best presenter award untuk sesi paralel. Penghargaan bergengsi pada konferensi ICEE 2017 ini, Young Scientist Award, diberikan pada DR. Sabril Harris dari Unversitas Andalas. 

Rangkaian acara ICEE 2017 diakhiri dengan acara Field Trip ke objek wisata yang ada di Sumatera Barat pada hari Kamis (31 Agustus). Ketua Panitia menyatakan bahwa acara ini berjalan lancar berkat dukungan dari berbagai pihak, dari Unand sendiri, Pemprov Sumbar, dan sponsor kegiatan dari PT. Semen Padang, PT. Waskita Karya, PT. PP, PT. Adhi Karya, Nusa Konstruksi Enjiniring, dan LPJKD Sumbar.

 

Panitia ICEE 2017

Read 520 times