UNAND kembangkan kerjasama dengan ANUR India

10 Agustus 2017

India (Unand) - Sebagai sebuah perguruan tinggi yang berada di daerah tropis Universitas Andalas (UNAND) mempunyai kepedulian yang tinggi atas pembangunan berkalanjutan di wilayah tropis dengan pendekatan pembangunan hijau (green development) dimana ekonomi hijau (green economy) adalah element penting dari pembangunan hijau. 

Bekerjasama dengan Adikavi Nannaya University Rajahmundry (ANUR), India, Unand melaksanakan acara 2nd International Conference on Green Development in Tropical Regions dengan tema: Chalenges and Strategies for global sustainable and green economic development yang dilaksanakan tanggal 26-28 Juli 2017 di kampus ANUR district Rajahmundry, Negara Bagian Andhra Pradesh, India. 

“Ini merupakan seminar internasional yang kedua setelah seminar pertama dilaksanakan oleh Program Pasca Sarjana UNAND pada tahun 2015 yang lalu. Pada kesempatan kedua ini, Unand bermitra dengan School of Management ANUR). Prof. S. Teki, MBA, M.Com., PhD, Department of Management Studies bertindak sebagai fokal point di ANUR,” kata Ketua Program Studi (Prodi) S2 Pengelolaan Terpadu Sumberdaya Alam Prof. Ir. Yonariza, MSc, PhD. 

Dalam kesempatan tersebut Program Pasca Sarjana Unand diwakili oleh Direktur PPS Unand Prof. Dr. Rudi Febriamansyah, Wakil Direktur Bidang Keuangan, Asset dan Kepegawaian Dr. Yossyafra Ketua Prodi Lingkungan Hidup, Dr. Fadjar Goembira dan Ketua Program Studi (Prodi) S2 Pengelolaan Terpadu Sumberdaya Alam Prof. Ir. Yonariza, MSc, PhD

Dikatakannya Unand hadir sebagai pembicara pada plenary session dan mengetuai sidang pada sesi paralel bermitra dengan dosen dari ANUR. 

Lebih lanjut ia mengatakan peserta seminar berasal dari berbagai negara bagian di India selain peserta lokal dengan jumlah lebih kurang 90 orang. Pada hari pertama dibahas 17 makalah dan kedua dibahas 34 makalah. 

“Selain akademisi, panitia juga menghadirkan praktisi pembangunan hijau yaitu pejabat perusahaan minyak dan gas India wilayah operasi Andhra Pradesh yang telah mengembangkan panel panel surya sebagai sumber energy,”ungkapnya.

Seminar secara resmi dibuka oleh Vice-Chancelor ANUR Prof. Murru Mutyalu Naidu dengan prosesi ala Telegu, delegasi asing dipakaikan kain dan dilanjutkan dengan penyalaan lilin secara bersama. 

Dalam pertemuan antara delegasi Unand dengan sejumlah wakil dari pihak Fakultas dibahas kemungkinan kerjasama lebih lanjut dengan ANUR, seperti student exchange program S2/S3 serta rekruitmen calon mahasiswa program S3 dari ANUR untuk studi S3 di PPs Unand. 

“Kemungkinan besar akan ada satu calon mahasiswa S3 dari ANUR yang akan mengambil S3 di Unand, untuk bidang “development studies”, seandainya melalui kerjasama ini, Unand bisa memberikan beberapa bantuan, seperti free tuition fee dan bantuan tempat tinggal. Sementara, biaya hidup dan lainnya akan diusahakan dari pemerintah State Andhra Pradesh,”sebutnya.

Pada hari ketiga dilaksanakan kunjungan lapangan (field trip) ke kawasan hutan Maredumilli mempelajari aplikasi green economy pada pengembangan tanaman kopi dalam kawasan hutan negara oleh masyarakat adat setempat. 

Dijelaskannya kerjasama kedua universitas ini adalah bagian dari program Internasionalisasi Unand menuju world class university dan dalam kesempatan itu juga dilakukan promosi program Pascasarjana Unand. Hasilnya, beberapa staf pengajar ANUR tertarik untuk melanjutkan S3 ke UNAND. 

 

Read 241 times