Pekan Wirausaha dan Penghargaan Bagi Pengembangan Kewirausahaan Unand

13 November 2015

Berdasarkan fakta, menjadi seorang wirausaha mesti melalui beberapa pentahapan. Sudah banyak cerita wirausaha menuju tangga kesuksesan yang dapat dibaca dari beberapa sumber dan didengar dari nara sumber. Tetapi dari sekian pentahapan yang  dilalui, harus dimulai dari membangun semangat kepada generasi muda. Diantara generasi muda Indonesia yang mempunyai potensi dan peluang menjadi wirausaha sukses adalah yang berstatus mahasiswa.

Jumlah mahasiswa di Indonesia baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta saat ini tidak kurang dari 7 juta orang. Jika 10 % saja dari mereka menjadi wirausaha dan masing-masing mereka dapat menciptakan minimal  untuk 10 orang lapangan pekerjaan, paling tidak akan tercipta sebanyak 7 juta lapangan pekerjaan, suatu jumlah yang besar bagi Indonesia untuk menampung angkatan kerja yang terus meingkat.

Menyadari menumbuhkan spirit berwirausaha adalah bagian awal yang penting, maka Unand secara khusus telah melakukan berbagai kegiatan untuk menumbuhkan semangat, mengembangkan dan memfasilitasi kewirausahaan (entreprenuership) semenjak tahun 2007 di bawah kepemimpinan Unand, Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS dengan melaksanakan kuliah umum kewirausahaan dengan mendatangkan nara sumber dari kalangan pengusaha dan profesional sukses, serta motivator baik skala nasional maupun daerah. Semenjak tahun 2007, hampir  semua pengusaha sukses di tanah air telah datang ke Unand untuk memberikan kuliah umum kewirausahaan. Pengusaha sukses nasional yang telah memberikan kuliah umum kewirausahaan di Unand antara lain adalah Muhammad Jusuf Kalla, Joko Widodo, Bob Sadono, Sandiaga S. Uno,  Sudhamek, Chairul Tanjung dan Purdi E. Candra (Pemilik Primagama). Dari kalangan profesional sukses yang telah memberi motivasi wirausaha di Unand antara lain adalah Rinaldy Firmansyah (Dirut PT Telkom), Hasnul Suhaimi (Dirut XL Axiata), Handry Sandriago (CEO General Electric Indoensia), Irwan Syarkawi (CEO Bakri Brothers). Dari kalangan motivator dan akademisi yang telah memberi cakrawala baru tentang kewirausahaan antara lain adalah Prof. Reinald Kasali (Guru Besar Manajemen Universitas Indonesia), Ary Ginandjar Agustian (ESQ Leadership Center), dan S D Darmono (Direktur Utama PT Jababeka Tbk) telah memberi kuliah Unand. Juga pengusaha lokal di Sumatera Barat juga tidak sedikit yang telah memberi kuliah dan memotivasi mahasiswa Unand, seperti Basril Jabar (Pemilik Harian Umum Singgalang), Basrizal Koto (pemilik Basco Group), Zairin Kasim (Pemilik PT. Suka Fajar), Ian Hanafiah (Pemilik Ero Tour), Azhar Muhammad (pemilik Toko buku Sari Anggrek), Guspardi Gaus (pemilik Citra Swalayan).

Untuk memperkuat dan menjamin kesinambungan pelaksanaan kuliah umum kewirausahaan tersebut, maka pada masa kepemimpinan Prof Dr Werry Darta Taifur, SE. MA telah dibentuk lembaga khusus yang mengelola program kewirausahaan di Universitas Andalas. Lembaga khusus pengelola program kewirausahaan tersebut dinamakan dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kewirausahaan. Pada saat ini UPT Kewirausahaan Unand dikepalai oleh Dr. Ir. Munzir Busniah, MSi.

Pada saat ini program kewirausahaan Universitas Andalas tidak hanya melaksanakan kuliah umum kewirausahaan, namun juga telah melaksanakan berbagai program lain. Program tersebut antara lain adalah Pelatihan Kewirausahaan, Magang wirausaha, Kontes Bisnis Plan Mahasiswa,  Pemberian Seed Capital bagi mahasiswa, Pendampingan Star up bisnis, konsultasi bisnis dan inkubator bisnis. Dan juga pada saat ini, kegiatan UPT Kewirausahaan Unand tidak hanya melayani program wirausaha mahasiswa, tetapi juga telah memberikan bantuan terhadap lembaga lain yang membutuhkan program atau kegiatan kewirausahaan, misalnya Program Inkubator Bisnis bagi UMKM dan koperasi yang bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatera Barat.

Kuliah umum kewirausahaan dan berbagai program lain tentang kewirausahaan yang telah dilakukan Universitas Andalas selama ini telah berhasil membangun atmosfir kewirausahaan yang sangat baik di kampus hijau Limau Manis. Berbagai kegiatan kewirausahaan mendapatkan sambutan yang antusias dari kalangan mahasiswa Unand. Tidak salah kalau kita katakan bahwa dengan melalui berbagai program kewirausahaan tersebut Unand telah berhasil merubah mindset sebagian besar mahasiswa, yang awalnya memiliki mindset jobseeker berubah menjadi jobcreator. Dan juga tidak itu saja, sekarang banyak mahasiswa Unand yang telah mulai berwirausaha selagi menjadi mahasiswa. Berbagai prestasi wirausaha juga telah diraih oleh mahasiswa wirausaha Unand. Prestasi tersebut antara lain adalah meraih juara kedua tingkat nasional Program Wirausaha Mandiri dari Bank Mandiri tahun 2013, mendapatkan beasiswa wirausaha dari Bank CIMB Niaga, menjadi peserta terbaik pada program wirausaha muda Bank Indonesia Sumatera Tahun 2014.

Sebagai penutup tahun, setiap akhir tahun UPT Kewirausahaan Unand melaksanakan kegiatan Ekspo Kewirausahaan selama satu minggu dengan berbagai kegiatan kewirausahaan. Untuk tahun 2015 ini Ekspo Kewirausahaan Unand dilaksanakan mulai tanggal 19 sampai dengan 23 Oktober 2015. Kegiatan kewirausahaan yang telah dilaksanakan selama satu minggu tersebut antara lain adalah pameran dan bazar wirausaha, kuliah umum kewirausahaan, talkshow kewirausahaan dari alumni yang telah sukses berwirausaha dan penghargaan kewirausahaan Unand (Unand entrepreneurship award). Untuk tahun ini diberikan tiga buah award kewirausahaan, yaitu pelopor kewirausahaan, pendorong kewirausahaan dan penggiat kewirausahaan.

Prof. DR. Ir. H. Musliar Kasim, MS. (mantan Wamendikbud dan mantan Rektor Unand) menerima penghargaan sebagai pelopor kewirausahaan. Prof. DR. Ir. H. Musliar Kasim, MS. sangat layak menerima penghargaan tersebut karena beliaulah yang memulai kegiatan kewirausahaan di Universitas Andalas melalui kuliah umum kewirausahaan. Nama Universitas Andalas menjadi berkibar di tingkat nasional melalui program kewirausahaan yang beliau lakukan, dan kegiatan kuliah umum kewirausahaan tersebut banyak diadopsi oleh universitas lain di Indonesia.

Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA yang menjabat Rektor Unand saat ini juga sangat berjasa dalam program kewirausahaan Unand. Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE, MA melanjutkan program kuliah umum kewirausahaan dan program kewirausahaan yang lain. Juga di masa jabatannya kewirausahaan di Unand mendapatkan tempat yang sangat bagus dengan didirikannya Unit pelaksana teknis (UPT) Kewirausahaan Unand pada tahun 2013. Oleh karena itu sangat tepat beliau mendapatkan penghargaan sebagai tokoh pendorong kewirausahaan.

Terakhir, dosen senior yang tahun ini memasuki masa pensiun, Drs. Syahrial Syarif, MBA. Mendapat award sebagai penggiat kewirausahaan. Beliau merupakan salah seorang dosen yang banyak menghabiskan waktunya untuk kemajuan kewirausahaan di Universitas Andalas.

Kita yakin ke depan kewirausahaan Unand semakin maju. Semoga.

Sekretariat Rektor

 

 
 

Read 1403 times