Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

47 Mahasiswa Unand Ikuti Program Student Mobility, Credit Earning dan Summer Course Keluar Negeri

28 Juli 2017

Padang (Unand) – Setelah sukses mengirimkan mahasiswa tahun lalu dengan memberangkatkan 64 peserta untuk mengikuti Student Mobility dan Credit Earning, tahun ini Universitas Andalas kembali mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti program tersebut. 

“Berbeda dengan tahun lalu tahun ini Universitas Andalas hanya mengirimkan sebanyak 47 mahasiswa untuk mengikuti program Student Mobility, Credit Earning dan Summer Course,” kata Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Layanan Internasional Universitas Andalas Vonny Indah Mutiara, Ph. D saat memberikan pembekalan kepada mahasiswa yang mengikuti program tersebut pada Kamis (27/7) di Ruang Rapat Gedung Universitas Andalas Kampus Unand Limau Manis Padang.

Ia menjelaskan, ini merupakan program dari UPT Layanan Internasional untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas peserta outgoing program. Melalui program ini peserta mendapat kesempatan dan pengalaman baik akademis maupun non akademis di perguruan tinggi mitra di luar negeri. 

Disebutkannya sebanyak 28 orang mahasiswa Universitas Andalas akan mengikuti Student Mobility ke berbagai perguruan tinggi diluar negeri seperti Jerman, Belanda, Polandia, Slovakia, Australia, Jepang, Korea Selatan, Vietnam dan Malaysia. Pada tahun ini diberikan kesempatan kepada 12 orang mahasiswa mengikuti program Summer Course.

Sementara itu untuk Credit Earning diikuti sebanyak 7 mahasiswa. Ke 7 mahasiswa ini semuanya memilih negara Jepang sebagai tujuannya seperti Gifu University, Kanazawa University dan Perfectural University of Hiroshima,”sambungnya. 

Program Student Mobility difokuskan untuk mahasiswa S1 yang sedang melakukan penelitian untuk skripsinya. Melalui program Student Mobility, peserta dapat melakukan penelitian, mengambil data, dan hal lain yang mendukung penyusunan skripsi mahasiswa yang bersangkutan.

“Sedangkan untuk program Credit Earning, mahasiswa dapat mengambil  mata kuliah S1 yang sama yang diakui oleh universitas asal. Perbedaannya adalah mahasiswa kuliah dengan mata kuliah yang sama tetapi di universitas yang berbeda dan dapat ditransfer kreditkan selama satu semester,”ujarnya.

Lain halnya dengan Summer Course, ia mengungkapkan bahwa program Summer Course merupakan program kuliah singkat selama 10 hari ke perguruan tinggi mitra di luar negeri. Program Summer Course dirancang oleh PT pengundang peserta meliputi  belajar budaya, bahasa negara tujuan, workshop, belajar di kelas, belajar di laboratorium dan diskusi-diskusi akademis.

Ditambahkannya program ini akan berlangsung bulan Juli hingga November. Saat ini bahkan sudah ada dua orang mahasiswa yang telah berangkat pada bulan Juli yang lalu hingga Agustus mendatang yaitu mahasiswa Fakultas Kedokteran ke Public Paeditric Teaching Hospital dan Medical University of Silesia Polandia.

Sementara itu Wakil Rektor IV Universitas Andalas Dr. Endry Martius, MSc mengatakan program ini sebagai upaya untuk mempercepat internasionalisasi perguruan tinggi Universitas Andalas.

Tujuan universitas yang dituju sebagai pelaksana program ini merupakan universitas-universitas yang sudah melakukan kerjasama dengan Universitas Andalas,”sambungnya.

Ia berharap mahasiswa yang mengikuti program ini dapat memacu teman-temannya yang lain untuk berkeinginan mengikuti kegiatan ini dan juga memberikan dampak positif bagi mahasiswa tersebut sehingga ada perubahan yang lebih baik setelah mengikuti program ini.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 911 times