Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Unand Tandatangani PKS Dengan BPJS Kesehatan

21 Jun 2017
Unand Tandatangani PKS Dengan BPJS Kesehatan Humas dan Protokol Unand

Padang (Unand) – Untuk meningkatkan kualitas kesehatan civitas akademika guna mencapai visi dan misi Unand menjadi Universitas Terkemuka dan Bermartabat, Universitas Andalas (Unand) melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada hari Selasa, (20/6) di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat Lantai IV Kampus Unand Limau Manis Padang. Naskah PKS ini ditandatangani langsung oleh Wakil Rektor II Prof. Dr. Ir. Asdi Agustar, MSc dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Sistri Sembodo, SE. 

Selain Unand, BPJS Kesehatan juga melakukan Penandatanganan PKS dengan STIA Adabiah serta Penandatanganan Momerandum Of Understanding (MoU) dengan Kopertis Wilayah X Sumbar Riau Jambi dan Kepulauan Riau. 

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor, Deputi Wilayah Sumbar Riau Jambi dan Kepulauan Riau, Koordinator Kopertis Wilayah X, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Dekan, Kabiro, Kabag, Kasubag dilingkungan Unand. 

“Unand menjadi pilar untuk Sumatera Barat khususnya wilayah regional 4 yaitu provinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri dalam kerjasama ini. Karena pada saat ini belum ada PTN maupun PTS yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan”. ujar Siswandi, SE.,MM selaku Deputi Wilayah Sumbar Riau Jambi dan Kepulauan Riau BPJS Kesehatan 

Ia juga mengatakan bahwa dengan kerjasama ini nantinya akan  mengikutsertakan mahasiswa baru Unand tahun 2017  ini sebagai peserta BPJS Kesehatan. Tidak hanya kepada mahasiswa tetapi juga seluruh civitas akademika Unand. Kerjasama ini khusunya pada sistem pelayanan dan pembiayaan BPJS Kesehatan. Lebih lanjut, Ia juga menyebutkan bahwa kerjasama ini juga meliputi penelitian. Dimana nantinya mahasiswa Unand bisa melakukan praktek kerja lapangan di kantor BPJS Kesehatan. 

Sementara itu, Wakil Rektor I Prof. Dr. Dachriyanus, Apt mengatakan bahwa penandatanganan PKS ini merupakan lanjutan dari MoU yang telah dilakukan Unand dengan BPJS Kesehatan.  Dengan adanya BPJS Kesehatan, Rumah Sakit Unand bisa menjadi rumah sakit rujukan bagi peserta yang memiliki kartu BPJS Kesehatan. Ini tentunya semakin mempermudah bagi mahasiswa, civitas akademika dan masyarakat umum untuk berobat di RS Unand . 

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Dr, Herri, SE, MBA selaku Koordinator Kopertis Wilayah X yang juga merupakan Guru Besar Unand mengatakan bahwa saat ini Kopertis mengelola sebanyak 246 Perguruan Tinggi Swasta. 

“Sebagian dari PTS tersebut masih banyak mahasiswa dan civitas akademikanya belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan” ungkapnya. 

Dengan kerjasama ini BPJS Kesehatan dapat memperluas keanggotannya dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada PTS yang masih belum menjadi peserta BPJS Kesehatan.  Dengan Unand menjadi pilar bagi PTN, maka diharapkan Unand untuk terus sama-sama mendorong PTS untuk terus berkembang serta meningkatkan kualitasnya. 

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 911 times