Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Polri Gandeng Unand Jalin Kerja Sama Bidang Pendidikan

31 Mei 2017

Padang (Unand) – Kepolisian Negara Republik (Polri) menggandeng Universitas Andalas (Unand) untuk jalin kerja sama tentang penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian dan pengembangan kelembagaan. Kerja sama ini dikukuhkan dengan penandatangangan nota kesepahaman antara kedua institusi pada Rabu (31/5) di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Lantai 4 Kampus Unand Limau Manis Padang.

Kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Brigjen Pol. Drs. Bayu Wisnumurti, M.Si, Kepala Biro Perawatan Personel SSDM Polri mewakili Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia dan Wakil Rektor IV Unand, Dr. Ir. Endry Martius, MSc mewakili Rektor Unand. Dari Mabes Polri turut hadir Kombes Pol. Drs. Sri Eko Pranggono (Kabagjakdiklat Rojianstra SSDM Polri), Kompol Syaifuddin, S.Sos (Kaurmin Bagjakdiklat Rojianstra SSDM Polri), dan Kompol Wiraga Dimas Tama, SIK (Paursubbagjakkermadiklat Bagajakkdiklat SSDM Polri). Turut hadir pejabat utama Polda Sumbar dan jajaran pimpinan di lingkungan Unand.

Wakil Rektor I Unand, Prof. Dr. Dachriyanus, Apt usai pelaksanaan acara mengatakan bahwa kerja sama ini tentu sangat baik dalam rangka penguatan kedua institusi. Kita tentu berharap kerja sama yang telah ada dapat terus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya.

Ia mencontohkan seiring perkembangan teknologi, Polri tentu perlu mengembangkan berbagai program yang dapat memudahkan masyarakat seperti pembayaran tilang online. Programnya dirancang Polri dan perguruan tinggi memberikan masukan bagaimana pola dan aplikasinya. Hal ini tentu sangat membantu Polri dan masyarakat. “Tentu banyak sekali tentu kerja sama yang dapat dikembangkan”tambahnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perawatan Personel SSDM Polri Brigjen Pol. Drs. Bayu Wisnumurti, M.Si menyebutkan bahwa MoU kali ini merupakan lanjutan kerja sama yang telah dijalin Polri dengan Unand. Ia menjelaskan sesuai dengan UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yang merujuk kepada Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Polri yaitu, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Merujuk kepada Tupoksi diatas tentu diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) Polri yang berkualitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, Polri perlu kiranya menggandeng perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan seperti Universitas Andalas.

Ia menyebutkan Kerjasama seperti ini telah dilaksanakan Polri di 26 Perguruan Tinggi di Indonesia salah satunya Universitas Andalas. Sebagai perguruan tinggi terbaik di Pulau Jawa tentu Unand memiliki pengajar dan pakar yang sangat hebat dibidangnya yang diperlukan oleh Polri. Dengan adanya kerjasama ini tentu diharapkan Polri dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik, memahami persoalan yang terjadi di tengah masyarakat guna memberikan keamanan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 644 times