Hasil Kelulusan SMMPTN Barat  Klik tombol ini untuk melihat Informasi Lengkap
Toggle Bar

Unand Lakukan Verifikasi Mahasiswa Bidikmisi Jalur SNMPTN

17 Mei 2017

Padang (Unand) –  Universitas Andalas melakukan verifikasi data mahasiswa baru penerima Beasiswa Bidikmisi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada Rabu (17/05) yang berlangsung di Gedung Auditorium Kampus Unand Limau Manis Padang.

“Sebanyak 587 calon mahasiswa Unand yang diterima melalui jalur SNMPTN adalah penerima beasiswa Bidikmisi,”kata Kasubag Kesejahteraan mahasiswa Destrinnita .

Ia menambahkan dari 587 calon mahasiswa tersebut yang mendaftar ulang hanya sebanyak 543 orang mahasiswa.

Fakultas Ekonomi Universitas Andalas merupakan penerima terbanyak mahasiswa Bidikmisi yaitu sebanyak 81 orang mahasiswa dan selanjutnya Fakultas Pertanian sebanyak 80 mahasiswa.

“Bagi mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi harus tinggal di asrama Universitas Andalas,”paparnya. 

Ia menambahkan proses pelaksanaan verifikasi ini hanya dilaksanakan sehari saja, bagi mahasiswa yang tidak melakukan verifikasi dianggap mengundurkan diri.

Secara umum syarat-syarat yang dibawa oleh mahasiswa dalam verifikasi tersebut diantaranya fotocopy rapor, nomor pendaftaran Bidikmisi, surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, kartu keluarga, foto rumah luar dalam dan rekening listrik 2 bulan terakhir.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Syafwardi, SE, MPd mengatakan beberapa persyaratan yang dibawa oleh mahasiswa digunakan untuk verifikasi data calon mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

“Beasiswa Bidikmisi merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang pelaksanaannya sudah dimulai semenjak tahun 2010,”tambahnya.

Dikatakannya pemerintah meluncurkan program beasiswa Bidikmisi bertujuan untuk membantu biaya pendidikan bagi mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi tetapi mahasiswa tersebut memiliki potensi dalam bidang akademik yang baik dalam menempuh pendidikannya.

Dijelaskannya bahwa misi dari program beasiswa tersebut adalah menghidupkan harapan bagi masyarakat yang tidak mampu dan mempunyai potensi akademik agar dapat menempuh pendidikan sampai ke jenjang pendidikan tinggi.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 642 times