Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Lestarikan Budaya Unand Gelar International Cultural Day dan Unand Expo Ke 3 Tahun 2017

08 Mei 2017

Padang (Unand) - Dalam rangka mengembangkan kreasi seni dan melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di dunia, Universitas Andalas melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) Layanan Internasional mengadakan International Cultural Day dan Unand Expo Ke 3 Tahun 2017 pada Jum’at, (5/5) di Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa Unand dan juga mahasiswa internasional Universitas Andalas yang tergabung dalam Mahasiswa Darmasiswa, BIPA, dan Mobility. 

“Tujuan dari acara ini adalah agar para mahasiswa dapat melestarikan seni dan budaya masing-masing negara terutama bagi mahasiswa Internasional yang belajar di Unand”. ujar Wakil Rektor IV Dr. Ir. Hendry Martius, M.Sc 

“Selain itu juga untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara mahasiswa Unand dan Mahasiswa Internasional” tambahnya. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) Universitas Andalas  Dr. Sulastri, M.Hum. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya menampilkan kreasi seni dan budaya dari mahasiswa Unand saja, tetapi juga menampilkan kreasi seni dan budaya dari mahasiswa internasional yang menjadi Darmasiswa di Unand yang berasal dari Cili, Korea Selatan, Vietnam, Aljazair, Amerika, Polandia, Jepang, Perancis, Madagaskar, dan Malaysia. 

“Mahasiswa tersebut diberi fasilitas oleh negara Indonesia untuk mengembangkan dan mensosialisasikan adat dan seni budaya kita, sehingga akan berkembang dan terbangun di dunia Internasional bagaimana sesungguhnya Indonesia itu”. Ungkapnya

Ia juga menambahkan bahwa Misi BIPA adalah untuk mempromosikan bahasa dan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional sebagai salah satu unsur Soft Diplomacy pendidikan dan kebudayaan dengan negara-negara yang berpartisipasi dalam program Darmasiswa RI. 

“Oleh karena itu, dengan adanya International Cultural Day dan Unand Expo Ke 3 Tahun 2017 ini merupakan salah satu kepedulian Universitas Andalas dalam mengembangkan secara berkelanjutan program BIPA ini bersama stakeholder lainnya seperti sekretariat negara, Kemenlu, perwakilan RI dan Kemenkum HAM”. tutupnya. 

Dalam kegiatan Cultural Day dan Unand Expo Ke 3 Tahun 2017 ini selain pameran budaya, juga dilaksanakan Bazar dan kegiatan ini digelar 1 hari penuh.  

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 427 times