Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

GIBEI Unand Gelar Seminar Pasar Modal

03 Mei 2017

Padang (Unand) – Kebanyakan orang beranggapan melakukan investasi di pasar modal adalah suatu hal yang memusingkan padahal banyak keuntungan yang diperoleh dari sana jika dibandingkan dengan hanya menabung.

Hal tersebut disampaikan oleh Agam Manager PT Indo Premier Securities dalam acara seminar dan Relaunching GIBEI Fakultas Ekonomi Universitas Andalas pada Rabu (03/05) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang. 

Seminar yang digagas oleh Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) Fakultas Ekonomi Unand bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia, PT. Indo Premier Securities dan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI).

Ia menjelaskan Indo Premier Securities merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di bidang pasar modal yang melayani individu maupun korporasi berdasarkan izin pengawas pasar modal atau otoritas jasa keuangan (OJK).

“Berinvestasi dipasar modal tidak hanya dilakukan oleh seseorang yang sudah bekerja saja tetapi sebagai seorang pelajar atau mahasiswa juga dapat melakukan hal tersebut,”ujarnya.

Meskipun sudah berstatus sebagai mahasiswa itu belumlah terlambat untuk mengenal dan memulai berkenalan dengan dunia investasi.

Ia memberikan pengetahuan dan pengalaman bagaimana memulai berinvestasi di pasar modal meskipun sebagai pemula yang belum memiliki pengetahuan.

Lebih lanjut ia menyarankan untuk melakukan investasi pada Reksa dana bagi investor pemula yang belum memiliki pengetahuan.

Menurutnya Reksa dana memiliki beberapa kemudahan yang sangat cocok dengan kondisi keuangan mahasiswa serta juga dengan nilai investasi yang rendah minimal dengan uang Rp. 100.000,-.

Reksa dana adalah tempat menghimpun dana secara kolektif dan dana yang terkumpul akan dikelola oleh menager investasi yang akan di investasi oleh pada jenis investasi lain.

Ia menjelaskan Reksa dana diatur dan diawasi oleh OJK dan dikelola oleh manager investasi yang handal dan ahli serta berpengalaman dibidangnya.

Reksa dana memberikan ruang bagi investor yang memiliki dana kecil untuk dapat menikmati dan merasakan hasil investasinya di pasar modal.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan ini merupakan langkah bagi mahasiswa untuk belajar di dunia investasi karena investasi dengan 100 ribu dapat dilakukan di pasar modal.

“Investasi di usia muda merupakan proses belajar mengelolah keuangan dengan baik dimasa yang akan datang,”ujarnya

Dikatakannya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia investasi sehingga menimbulkan minat mahasiswa untuk terjun dalam dunia pasar modal.

Selain itu ia mengatakan GIBEI Fakultas Ekonomi Unand memiliki tiga fungsi, yaitu informasi, edukasi dan investasi.

Seminar ini menghadirkan narasumber lain seperti Samsul Hidayat Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Mety Yusantiati Direktur Utama TICMI.

Selain menggelar seminar dan relaunching GIBEI juga dilakukan penandatangan kerjasama pendidikan pasar modal antara Universitas Andalas dengan TICMI.

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 478 times