Pengumuman Kelulusan SNMPTN 2017  Klik tombol ini untuk melihat Hasil
Toggle Bar

Unand Siapkan Mahasiswa Pelopor Karakter Andalasian

21 April 2017

Padang (Unand) – Dalam rangka mewujudkan karakter Andalasian SEJATI yaitu Sabar, Empati, Jujur, Adil, Tanggung jawab dan Ikhlas di lingkungan Universitas Andalas, Bagian Kemahasiswaan Universitas Andalas menyelenggarakan Pelatihan Asisten Trainer dan Mahasiswa Pelopor Karakter Andalasian bagi mahasiswa Unand pada Kamis-Jum’at (20-21/4) di  Ruang Seminar Gedung Pascasarjana lt.3 Unand Kampus Limau Manis.

Wakil Rektor III Unand, Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc ditemuai tim Humas disela pelaksanaan pelatihan mengatakan kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari persiapan pelatihan karaker andalasian bagi mahasiswa baru TA 2017/2018. Unand mencari pionir atau pelopor dari kalangan mahasiswa untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa baru mengenai karakter andalasian dan bagaimana dapat mengimplementasikannya dalam lingkungan sehari-hari.

Model Karakter Andalasian dibentuk atas 4 elemen yakni spiritual, ilmu, amal, dan sosial. Model ini menjadi nilai-nilai yang dianut oleh mahasiswa ataupun warga Universitas Andalas dan menjadi sumber inspirasi yang mewarnai setiap aspek sikap, prilaku dan berfikir dalam bertindak ataupun berbuat.

Untuk itu mahasiswa pelopor ini yang berasal dari berbagai fakultas di lingkungan Universitas Andalas direkrut, dibentuk dan dibekali tentang wawasan karakter andalasian oleh tim karakter Andalasian selama 2 hari yaitu Kamis dan Jumat, 20-21 April 2017. 

Ia menambahkan kegiatan ini juga merupakan keberlanjutan tentang pemahaman karakter andalasian bagi mahasiswa. Ia menjelaskan bahwa mahasiswa baru Universitas Andalas melewati 3 aspek pembekalan salah satunya yaitu pendidikan karakter. Untuk itu pelatihan ini sangat berguna bagi mahasiswa dalam memberikan pemahaman terkait karakter tersebut dan bagaimana menerapkan dilingkunganya. 

“Karaktek memang tidak bisa dibentuk dalam waktu yang cepat, tapi butuh proses. Namun demikian kita tentu harus memberikan materi mengenai karakter ini, sehingga mahasiswa bisa memahami sikap dan nilai yang patut dianut oleh seorang akademisi di Unand.”ucapnya.

Penerapan karakter ini tentu diharapkan dapat menjadi salah satu point pendorong bagi Unand dalam menghasilkan lulusan yang berdaya saing, memiliki iman dan taqwa berdasarkan karakter SEJATI.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 368 times