Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Komisi X DPR RI Minta Masukan Unand Terkait Persoalan Pendidikan

27 Februari 2017

Padang-Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mengadakan kunjungan kerja ke Universitas Andalas pada Senin (27/2) di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat Lantai 4 Kampus Unand Limau Manis. Kunjungan kerja (Kunker) ini dalam rangka meminta masukan berkaitan dengan persoalan pendidikan di perguruan tinggi yang akan menjadi laporan dan masukan bagi Komisi X dalam mengambil kebijakan. Komisi X DPR RI merupakan komisi yang membidangi Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Ekonomi Kreatif, dan Perpustakaan Nasional.

Kunjungan kerja ini juga menghadirkan Rektor dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Wilayah Sumatera Barat, Koordinator Kopertis Wilayah X Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, Wakil Rektor Unand, Dekan, Direktur Pascasarjana dan Kepala Biro di Lingkungan Unand.

Wakil Rektor I Unand, Prof. Dr. Dachriyanus, Apt menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada Komisi X DPR RI yang telah memilih Universitas Andalas sebagai salah satu tujuan kunjungan kerja dalam rangka meminta masukan berkaitan dengan persoalan beasiswa dan BOPTN.

Ia menjelaskan saat ini Universitas Andalas telah menempati peringkat 11 perguruan tinggi terbaik di Indonesia dari 4.000 lebih PTN/PTS yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu, Unand telah menempati klaster mandiri dalam bidang penelitian. Penelitian dosen Unand telah terpublikasi secara internasional dan terindeks scopus.

Selain Komisi X DPR RI, Unand juga sering menerima kunjungan dari beberapa komisi lainnya yang ada di DPR. Tentunya masukan yang diberikan dapat menjadi pertimbangan dalam mengambil kebijakan dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI Ferdiansyah, SE, MM menyebutkan dipilihnya Unand sebagai tujuan kunker ini dikarena akademisi Unand telah banyak memberikan sumbangsih pemikiran dalam berbagai hal guna kemajuan Indonesia dimasa yang akan datang.

Kunjungan kerja kali ini diikuti oleh 15 orang anggota komisi X DPR RI yang terdiri dari dua Panitia Kerja (Panja) yaitu Panja Beasiswa dan Panja BOPTN. Panja Beasiswa ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan beasiswa Bidikmisi, PPA, AdikPapua dan BUDI di masing-masing PTN/PTS di Sumbar. Sedangkan Panja BOPTN ingin mengetahui secara real budget yang telah didapatkan dari Kemenristekdikti serta pemanfaatanya untuk belanja barang, belanja pegawai dan sebagainya. Data dan masukan tersebut tentu sangat berguna bagi Komisi X sebagai bahan kajian dan masukan serta dalam membuat aturan dimasa yang akan datang.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 653 times