Live Streaming Rapat Terbuka Dies Natalis Fakultas Ekonomi Universitas Andalas ke 60 Tahun  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Blogger Tunanetra Inspirasi Mahasiswa Unand

17 Februari 2017
Blogger Tunanetra  Inspirasi Mahasiswa Unand Humas dan Protokol Unand

“Tidak ada hal yang mengena kecuali kita merasakan sendiri” Kalimat inilah yang disampaikan oleh Ramaditya Adikara, seorang blogger, motivator, dan juga penulis yang merupakan seorang tunanetra dalam Talkshow Inspiratif dengan tema “Muda Berbagi, Demi Menginspirasi Anak Negeri” yang diadakan oleh BEM KM UNAND pada Jumat (17/02) di Ruang Seminar I Kampus Unand Limau Manis Padang. 

Memiliki keterbatasan tidak menjadi halangan bagi Rama untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. 

Visinya adalah ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain seperti melakukan kegiatan sosial yang begitu ia sukai. Dengan begitu ia mengatakan dapat merasakan manfaat ketika berhubungan dengan banyak orang.

Salah satu manfaat yang dirasakannya bertemu dengan orang lain adalah ia dapat menambah pengetahuan serta saling berinteraksi. Akan tetapi tentu saja yang paling penting adalah mendapatkan ridho Allah. 

Mengikuti pendidikan sekolah dasar di sekolah luar biasa (SLB) tidak lantas membuat Rama yang merupakan panggilan kecilnya melanjutkan pendidikan selanjutnya di sekolah yang sama. Ketika SMP dia mulai bersekolah di sekolah umum yang menjadi tantangan dengan keterbatasan yang dia miliki. Hal ini dilakukannya karena motivasi dari orang tua dan adanya keuntungan yang dapat dicapainya dengan keluar dari zona aman. 

Dengan bersekolah di sekolah umum membuat dia mendapatkan pengalaman yang tidak dapat dia rasakan jika hanya bersekolah di SLB. 

“Manusia lahir tidak punya kelebihan dan kekurangan, tapi mempunyai ciri khas”, ujar Rama. Oleh sebab itu, memiliki keterbatasan dalam melihat merupakan sebuah ciri khas baginya. “Bersyukur dengan apa yang kita miliki”. Ujarnya. 

Dengan  melihat keterbatasan yang dimiliki oleh Rama harusnya dapat menginspirasi orang – orang agar dapat lebih berprestasi dari pada orang-orang yang memiliki keterbatasan. Ia berharap semoga pertemuan ini membawa manfaat perubahan yang dibawa setelah ini.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 393 times