Unand-BKKBN RI Perkuat Kerjasama Di Bidang Kependudukan, Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga

14 Februari 2017

Padang-Dalam rangka membangun hubungan kemitraan yang beroriantasi kepada pengembangan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, Universitas Andalas menjalin kerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Republik Indonesia pada Selasa (14/02) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian sesama akan pentingnya program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta memanfaatkan sumberdaya yang didasarkan kepada azas saling mendukung, saling membantu sesuai dengan peraturan perundang-undangan,”kata Kepala Biro Perencanaan, Pengembangan dan kerjasama Drs. Maramis, SIP, MM.

Disamping itu, kerjasama ini meliputi pengembangan riset dan permodelan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. 

Lebih lanjut ia menambahkan peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui program beasiswa, pelatihan, workshop dan study capacity building.

Selain itu juga program pengabdian masyarakat tematik dan non tematik serta pengembangan pusat-pusat layanan dan rujukan masyarakat khususnya konseling remaja dibidang kesehatan reproduksi dan revolusi karakter bangsa.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan kerjasama dengan BKKBN merupakan langkah awal untuk menanamkan pentingnya program kependudukan dan keluarga berencana kepada mahasiswa guna mempercepat dan memajukan pembangunan nasional.

Ia mengungkapkan program BKKBN tidak hanya mengendalikan jumlah penduduk tetapi juga bagaimana menigkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia melalui program generasi berencana (GenRe).

Menurutnya dengan hadirnya GenRe dikalangan muda diharapkan mampu menekan laju tingginya pernikahan diusia muda yang belakangan ini marak terjadi pada generasi muda.

Ia berpesan kepada generasi muda untuk terus mengekplorasi potensi diri dan meningkatkan kreativitas dan prestasi melalui pendidikan.

dr. Surya Chandra Surapaty, MPH, Ph. D kepala BKKBN menegaskan masalah populasi di dunia ini bukan hanya sekedar menjadi isu kita semua, tapi bagaimana sebagai mahasiswa harus ikut berpartisipasi dalam menciptakan generasi yang berkualitas.

“Ada beberapa hal yang harus kita kedepankan dalam menghadapi isu kependudukan yang tengah terjadi saat ini, yaitu tujuan yang bukan sekedar melakukan pertumbuhan ekonomi tapi dengan memajukan kesejahteraan umum dan dapat mengontrol populasi dari penduduk dunia,”tambahnya.

Senada dengan itu Gubernur Prof. Irwan Prayitno, SPsi, M.Sc Provinsi Sumatera Barat menginginkan generasi muda Indonesia menjadi insan yang berkualitas dan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa.

Humas dan Protokol Unand  

 

Read 519 times