Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

BEM KM Unand Bahas Wisata Halal 2017

30 Januari 2017

Padang – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (BEM KM UNAND) mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Indonesia Menuju Wisata Halal 2017” pada Senin (30/01) di Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang. 

Kegiatan ini menghadirkan Tazbir, S.H, M.Hum selaku Assisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintahan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Wardamen, S.H, M.M selaku Kabiro Perekonomian Setda Sumbar dan Yogie Trio Pakoso yang merupakan Uda Duta Wisata Sumatera Barat 2016 sebagai narasumber. 

Ketua panitia M. Habibullah menyatakan kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Star Andalas yang berlangsung hingga 4 Februari mendatang. 

Seminar ini didasari karena Sumatera Barat berhasil menjadi pemenang pada kategori World's Best Halal Culinary Destination dan World's Best Halal Destination sehingga dengan adanya seminar ini diharapkan mampu menjadi penggerak agar di tahun 2017 tidak hanya Sumatera Barat tetapi Indonesia bisa mewakili wisata halal dunia. 

Seminar Nasional dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Andalas yang diwakili oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Ir. Hermansah, M.S, M.Sc. 

Tazbir, S.H, M.Hum asisten deputi pengembangan segmen pasar bisnis  dan pemerintahan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menyatakan bahwa wisata halal adalah konsep pariwisata dengan nilai – nilai keIslaman. 

Menurutnya, pariwisata dapat menjadi andalan Nasional dengan begitu wisata halal diharapkan sebagai penghasil devisa utama bagi indonesia. 

Ia menambahkan halal tidak hanya berkaitan dengan syariat Islam tetapi juga dapat diartikan dengan pelayanan yang friendly, akrab dengan kebutuhan muslim. Dengan begitu halal itu adalah bersih, ramah, sopan dan sehat.

Sementara itu, Wardarusmen, SH, M. Hum Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumatera Barat mengatakan Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi dari tiga provinsi di Indonesia yang ditetapkan sebagai destinasi wisata halal yakni Aceh, Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Wisata halal ini sejalan dengan filsafah adat budaya minangkabau yaitu, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,”ungkapnya.

Ia menambahkan saat ini pemerintah fokus untuk menarik jumlah wisatawan datang ke sumatera barat melalui promosi tentang destinasi wisata yang ada dengan terus melakukan pembenahan di setiap lini termasuk infrastruktur di daerah wisata seperti jalan, fasilitas, perpakiran, list harga dan yang paling penting adalah mengedukasi masyarakatnya.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 561 times