Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Rektor Unand : Pendidikan Memutus Mata Rantai Kemiskinan

28 Januari 2017

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA menyatakan Pendidikan merupakan cara terbaik untuk memutus mata rantai kemiskinan dihadapan mahasiswa Program Afirmasi Pendidikan (Adik) Papua dan Sarjana Mendidik (SM) terluar, terdepan dan tertinggal (3T) dalam acara Matrikulasi Mahasiswa Adik Papua dan SM 3T pada Sabtu (28/01) di Ruang Rapat WR III Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Kampus Unand Limau Manis Padang.

Ia menambahkan saat ini pemerintah banyak menyediakan program beasiswa salah satunya Adik Papua. Program ini sudah ada semenjak tahun 2012 dan dikhususkan bagi putra-putri Papua asli yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Mahasiswa yang menerima beasiswa ini akan menempuh pendidikan di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia termasuk di Universitas Andalas,”terangnya.

Pemerintah memberikan Special Treatment bagi mahasiswa Adik Papua sebagai upaya untuk membuka kesempatan akses dalam menuntut ilmu di Perguruan Tinggi bagi seluruh putra-putri asli Papua.

Rektor menjelaskan salah satu tujuan dari beasiswa ini adalah untuk menyediakan sumber daya manusia putra-putri Papua yang berkualitas dan memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional khususnya Papua.

Kepada mahasiswa Adik Papua dan SM 3T ia berpesan manfaatkanlah peluang ini dengan sebaik-baiknya dengan terus mengembangkan diri dan kreativitas serta jalin komunikasi dengan mahasiswa-mahasiswa dari daerah lain. “Jangan berkelompok tetapi berbaurlah sehingga dengan berbaur akan terjalin komunikasi dan networking yang baik,”ujarnya

Ia berharap mahasiswa Adik Papua dan SM 3T dapat menyelesaikan pendidikan tepat waktu (on time) dan saat kembali ke daerah asal dapat menjadi Role Model yang mampu meningkatkan motivasi daerahnya untuk keluar dari ketertinggalan.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MSc kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa Adik Papua dan SM 3T dalam mengenal adat dan istiadat budaya Minangkabau serta memberikan materi-materi pembekalan sehingga mereka memperoleh informasi yang komprehensif untuk menunjang keberhasilan dalam menempuh pendidikan di Unand.

Adapun materi-materi yang akan diberikan selama dua hari diantaranya dibidang eksakta, sosial, budaya, agama, kesehatan, motivasi belajar, psikologi dan juga organisasi kemahasiswaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Assisten WR III, Kabag Kemahasiswaan serta Kasubag Kesejahteraan Universitas Andalas.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 777 times