Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru  Klik tombol ini :http://pmb.unand.ac.id
Toggle Bar

Irjen Kemenristekdikti: Peringkat Unand Terus Membaik Di Tingkat Nasional

17 Januari 2017

Padang-Inspektur Jenderal Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Irjen Kemenristekdikti RI) Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M. Hum menyampaikan peringkat Universitas Andalas ditingkat nasional terus mengalami peningkatan dilihat dari hasil pemeringkatan yang dikeluarkan Kemenristekdikti RI.

“Peringkat unand yang terbaru berada peringkat 11 diantara 3.244 perguruan tinggi di seluruh Indonesia baik itu perguruan tinggi Negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) dan berada pada kluster pertama,”katanya pada Selasa (17/1) saat acara ceramah umum di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Meskipun ditahun sebelumnya (2015) Universitas Andalas berada pada peringkat 12 dan berada pada kluster kedua.

“Kenaikan ini tentu mengejutkan bahkan Universitas Andalas menyalip Universitas Sebelas Maret (UNS),”ujarnya.

Adapun aspek yang diukur dalam pemeringkatan perguruan tinggi versi Kemenristekdikti 2016 diantaranya kualitas dosen (12%), kecakupan dosen (18%), akreditasi (30%), kualitas kegiatan kemahasiswaan (10%) dan kualitas kegiatan penelitian (30%).

Dalam hal pemeringkatan universitas ada beberapa penyelenggara baik itu dalam negeri maupun luar negeri, untuk dalam negeri diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Kemenristekdikti sedangkan luar negeri diantaranya Webometrick, 4ICU, QS Start dan lain-lain.

Ia juga menyebutkan Universitas Andalas merupakan salah satu universitas yang akan disiapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). “Saat ini ada 11 Perguruan Tinggi yang sudah berbadan hukum,”tuturnya.

Perbedaan yang mendasar antara PTN BLU dengan PTN BH salah satunya universitas dapat lebih mandiri dalam membuka dan menutup program studi yang ada di universitasnya sedangkan dalam hal keuangan PTN BH lebih flexible tetapi tetap melaporkan kepada Dikti.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan perkembangan universitas tetap mengacu pada roadmap yang telah dibuat yaitu menuju Universitas Terkemuka dan Bermartabat.

Ia juga mensyukuri dengan adanya pemeringkatan perguruan tinggi oleh Kemenristekdikti RI tahun 2016 dengan menempatkan Universitas Andalas di urutan ke 11 pada kelompok perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Selain peningkatan peringkat perguruan tinggi kemajuan lain adalah peningkatan peringkat perguruan tinggi berdasarkan kluster penelitian dosen, dimana pada tahun ini Unand berada pada kluster mandiri. Disamping itu, produktivitas publikasi internasional dosen Unand juga membanggakan dengan menempati urutan ke 11 dalam hal publikasi internasional terindeks scopus.

“Universitas Andalas telah menyandang status Badan Layanan Umum (BLU) sejak tahun 2010, dengan mengamati perkembangan lingkungan dan tantangan pendidikan tinggi maka seyogyanya Universitas Andalas mempersiapkan diri untuk menuju PTN BH,”tambahnya.

Ia berharap kepada semua civitas akademika untuk terus meningkatkan kompetesi dengan ide dan gagasan-gagasan sehingga visi Unand menjadi universitas kelas dunia yang terkemuka dan bermartabat segera terwujud.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 3539 times