Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Rayakan Dies Natalis IV Prodi Kebidanan Unand Terus Tumbuh dan Berkembang

24 November 2016

Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK-Unand) rayakan ulang tahun (Dies Natalis) ke IV nya pada Rabu (23/11) di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Jati Padang. Acara ini dihelat dalam tema “Good Input, Better Process, Best Output” dan dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran. Ketua Prodi S1 Kebidanan, staf pengajar Fakultas Kedokteran dan pengajar S1 Kebidanan, mahasiswa S1 Kebidanan serta undangan lainnya.

 “Prodi S1 Kebidanan FK-Unand tepat berusia 4 tahun pada tanggal 14 November 2016 yang lalu. Rangkaian dies natalis ini telah dilaksanakan serangkaian acara seperti seminar nasional dan internasional, pengabdian masyarakat, dan hari ini dilaksanakan ceremony party” ucap Ketua Pelaksana Acara, Aqsha Wijaya.

Tema yang diangkat pada perayaan tahun ini “Good Input, Better Process, Best Output”. Good Input memberikan makna bahwa mahasiswa yang lulus masuk ke Unand adalah orang-orang terbaik dari ribuan orang yang mendaftar ke Unand. Better process, bahwa proses yang dilaksanakan dengan cara-cara terbaik tentu akan menghasilkan lulusan yang terbaik (best output). 

Ketua Prodi Kebidanan dr. Detty Iryani, M.Kes, M.Pd.Ked, AIF mengatakan Dies Natalis merupakan waktu untuk melihat potret diri saat ini, mengevaluasi masa lalu dan merencanakan untuk masa depan. Program studi S1 Kebidanan FK-Unand merupakan prodi yang termuda dari tiga Prodi S1 Kebidanan yang ada di Indonesia selain Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya. 

Prodi ini didirikan di bawah pengelolaan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, sampai kelak bisa mandiri. Diusia yang masih balita ini, Prodi S1 Kebidanan sedang tumbuh dan berkembang, masih banyak hal yang perlu dibenahi agar bisa tumbuh sehat dan normal, yang diyakini bisa dilakukan dengan dukungan berbagai pihak terutama pihak FK-Unand sebagai unit pengelola prodi.

Lebih lanjut Detty menjelaskan secara umum 4 tahun ini terdapat kemajuan dari infrastruktur, jumlah mahasiswa, dosen, prestasi dan mahasiswa. Berbagai upaya untuk mengembangkan kerja sama sudah dilakukan dengan berbagai pihak seperti pemerintah daerah setempat, BKKBN, PKBI, kedepan akan diupayakan kerja sama dengan berbagai wahana pendidikan tahap profesi seperti RS, Puskesmas, Bidan Praktek Mandiri.

Untuk menciptakan suasana akademik yang berbagai Prodi S1 Kebidanan berusaha menyelenggarakan kegiatan ilmiah dengan melibatkan dosen, mahasiswa S1 dan S2 Kebidanan. Kebersamaan semua untur sivitas akademika dan tenaga kependidikan prodi S1 Kebidanan serta dukungan dari FK-Unand, Unand dan berbagai pihak yang terkait sangat diharapkan untuk mencapai visi prodi “menjadi program studi kebidanan yang terkemuka dan bermartabat di tahun 2030”.

Sementara itu, Dekan FK Unand, Dr. dr. Masrul, M.Sc, Sp.GK atas nama pimpinan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mengucapkan selamat merayakan ulang tahun ke empat prodi kebidanan. Melihat usia prodi yang masih sangat muda tentu banyak persoalan dan tantangan yang dihadapi. Namun di tengah kesulitan yang dihadapi agar terus sabar, bekerjasama menuju ke arah yang lebih baik.

Masrul juga menyebutkan lahirnya prodi kebidanan merupakan inisiatif dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan pimpinan Fakultas Kedokteran, interaksi dan komunikasi yang baik antara kedua institusi ini akhirnya terbentuklah prodi S1 Kebidanan.

Di momentum Dies Natalis Ke 4 ini Masrul juga berpesan kepada seluruh mahasiswa kebidanan agar saat pulang ke kampung melakukan magang di bidan tempat ia berasal. Ada beberapa hal yang diharapkan dengan magang tersebut, pertama, mahasiswa akan tahu apa yang dikerjakan oleh bidang, Kedua, mahasiswa akan mengetahui kemampuan atau kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang bidan dan ketiga, dengan pengalaman yang dimiliki sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja serta dapat mempraktekan ilmu yang didapat untuk kemajuan prodi dan profesi kebidanan.  

Humas dan Protokol Unand

 

Read 895 times