Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

American Corner Unand Adakan Kuliah Umum Tentang Pemilu Amerika Serikat

08 November 2016

American Corner Universitas Andalas mengadakan kuliah umum tentang Pemilihan Umum (Pemilu) Amerika Serikat dengan tema  “American Election: Every Vote Counts” pada Senin (31/10) yang lalu di Ruang Seminar lantai 5 Perpustakaan kampus Unand Limau Manis Padang.

Kuliah umum ini menghadirkan Mr. Maxwell Harrington, Diplomacy Officer, the U.S. Embassy Jakarta sebagai narasumber.

Koordinator kegiatan American Corner, Dr. Irawati, mengatakan sistem demokrasi Indonesia berbeda dengan Amerika Serikat, tidak ada salahnya kita mengetahui bagaimana pemilihan umum presiden di Amerika Serikat dilaksanakan. 

“Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang pemilihan umum di negeri adidaya tersebut dan juga dapat meningkatkan partisipasi generasi muda dalam pemilihan umum di Indonesia,”ujarnya.

Ia menambahkan setiap suara yang diberikan oleh pemilih di Indonesia akan ikut menentukan kelanjutan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Sementara itu, Mr. Harrington menjelaskan bagaimana sistem pemilihan umum di Amerika Serikat yang memiliki tiga unsur pemerintahan yaitu Legislative (Congress, Senate, House of Representative), Executive (President, Vice President, dan Cabinet), dan Judicial (Supreme Court, Other Federal Courts).

Ia juga mengungkapkan kandidat yang mendapatkan suara terbanyak pemilih belum tentu memenangkan kursi kepresidenan karena Amerika Serikat menganut sistem Electoral College. United States Electoral College yang beranggotakan 538 orang adalah lembaga konstitusional yang memilih presiden dan wakil presiden AS. Untuk memenangkan pemilihan presiden diperlukan 270 suara elector (electoral vote) dari total 538 anggota Electoral College.

Kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional dan dari bidang ilmu lainnya seperti Hukum, Ekonomi, Pertanian, dan Sastra Inggris. Peserta mendapat pencerahan pengetahuan tentang pemilihan umum presiden di Amerika Serikat yang akan dilaksanakan hari ini (8/11).

American Corner Unand

 

Read 768 times