Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

FATETA Unand Adakan Seminar Nasional Kemandirian Pangan Berbasis Kearifan Lokal

04 November 2016

Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) Universitas Andalas bekerjasama dengan Perhimpunan Teknik Pertanian (PERTETA) Indonesia Cabang Sumatera Barat dan Fakulti Perladangan dan Agroteknologi University Teknologi MARA (UiTM) Malaysia menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Teknik Pertanian Untuk Mendukung Kemadirian Pangan Berbasis Kearifan Lokal” pada Jumat (04/11) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manih Padang.

Ketua panitia seminar nasional Dr. Eng Muhammad Makky mengatakan pelaksanaan seminar nasional merupakan bagian dari upaya mencari pemecahan masalah krusial dibidang pertanian terutama hal-hal yang menyangkut kemandirian pangan.

Ia mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi tulang punggung tercapainya kemandirian pangan di Indonesia melalui upaya system pertanian yang berkelanjutan.

Menurutnya kegiatan ini akan secara signifikan membuka dan memperluas jejaring kerjasama antara periset dibidang keilmuan teknik pertanian dengan periset dari daerah lain pada skala nasional maupun internasional.

Disamping itu, kegiatan ini juga menjadi kesempatan emas bagi praktisi, professional dan produsen pangan serta peralatan penunjang pertanian untuk mempromosikan produk dan hasil karyanya kepada audiens yang lebih luas dan datang dari berbagai Negara.

Lebih lanjut, ia menyatakan dalam acara ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari pemakalah dan mahasiswa teknik pertanian se Indonesia dan juga dari Negara tetangga (Malaysia, Thailand, Philipina) serta lebih dari 30 universitas dari dalam maupun luar negeri. 

Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan keynote speaker yakni Dr. Sam Herodian dari Kementerian Pertanian Republic Indonesia, Assoc. Prof. Dr. Adzmi Yacoob Dekan Fakultas Pertanian dan Agroteknologi University Teknologi MARA Malaysia, Prof. Mikio Umeda Secretary General Of Agricultural and Biosystems Engineering Kyoto University Japan, Prof. Azmi B. Dato’ Yahya Dean Faculty Of Engineering University Putra Malaysia, Prof. Kohei Nakato is professor at United Graduate School Of Agriculture Science Gifu University, Prof. Lilik Sutiarso Ketua PERTETA Indonesia dan Prof. Dr. Isril Berd, SU Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Santosa, MP mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dalam memperkaya pengetahuan tentang pertanian kepada peserta seminar, dapat berbagi pengetahuan baru, dan mempererat hubungan antara dosen, peniliti professional yang tertarik dalam pengembangan dunia pertanian.

Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA memberi apresiasi dan dukungan terhadap kegiatan ini. Menurutnya Indonesia punya potensi yang luar biasa untuk membangun produksi di sektor pangan dan juga untuk meningkatkan produksi pangan sebagai upaya mewujubkan Indonesia swasembada pangan.

Humas dan Protokol Unand

 

 

 

Read 745 times