Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Unand Edukasi Mahasiswa Anti Korupsi

03 November 2016

Dalam rangka mewujudkan mahasiswa yang memiliki integritas anti korupsi, Universitas Andalas melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengenalan Hukum dan Politik  (PHP) menggelar pelatihan anti korupsi yang berbentuk diskusi panel dengan tema “Mewujudkan Mahasiswa Yang Berintegritas dan Anti Korupsi “ pada Kamis (03/11) di Gedung Convention Hall Universitas Andalas Kampus Limau Manih Padang.

Sekjen UKM PHP Unand Muhammad Ihsan mengatakan kekeliruan yang mendasar yang ada pada mahasiswa saat ini adalah kurangnya pemahaman untuk membedakan korupsi dengan antikorupsi, “Hal inilah yang mendasari UKM PHP Unand untuk menggelar pelatihan anti korupsi yang dikemas dalam bentuk diskusi panel,”ujarnya.

Menurutnya sebagai kaum intelektual mahasiswa memiliki peranan penting dan tanggungjawab yang besar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. "Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 mahasiswa di Kota Padang dari berbagai universitas yang tergabung ke dalam organisasi mahasiswa,"ungkapnya.

Kurangnya pemahaman terhadap korupsi dan anti korupsi mengakibatkan memburuknya kesadaran korupsi di bangsa ini, sebab mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa tidak memiliki pengetahuan yang baik tentang korupsi.

Ia menegaskan akan pentingnya peran mahasiswa terhadap nasib bangsa kedepannya, oleh karena itu mahasiswa dituntut untuk peka terhadap hal-hal yang dapat menganggu ketentraman bangsa.

Pelatihan anti korupsi ini menghadirkan narasumber diantaranya Lucky Raspati, SH, MH, (Dosen Hukum Pidana Universitas Andalas), Musfi Yendra, S. IP, M. Si (pengiat sosial) dan Roni Saputra, SH, MH (pemerhati pemberantasan korupsi).

Ia mengaharapkan kegiatan ini dapat mengembangkan dan mengasah potensi diri dalam proses mengenal kehidupan bernegara dan bermasyarakat yang menjunjung tinggi hukum yang berlaku.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Andalas Prof. Dr. Ir. Hermansah, MS, MS.c mengatakan korupsi yang terjadi di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan dan memberikan dampak buruk terhadap setiap sendi kehidupan. 

Menurutnya korupsi telah menghancurkan sistem perekonomian, sistem demokrasi, sistem pemerintahan, sistem politik dan tatanan sosial kemasyarakatan di bangsa ini.

“Oleh karena itu, mahasiswa menjadi bagian penting dari masyarakat yang merupakan pewaris bangsa di masa yang akan datang diharapkan dapat berperan aktif dalam proses pemberantasan korupsi di negeri ini,”tambahnya.

Humas dan Protokol Unand 

 

Read 634 times