Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

HIMA Kebidanan Gelar MSS 2016

31 Oktober 2016

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program Studi Strata 1 (S1) Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menggelar Seminar Nasional Kebidanan Midwifery Student Symposium 2016 (MSS 2016) dengan mengusung tema “Midwife’s Role in Saving The Mother and Newborn” pada Sabtu (29/10) di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Andalas-Jati Padang.

Hadir dalam acara ini Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Unand, Sekretaris Prodi Kebidanan, Dosen, Ketua BEM KM Fakultas Kedokteran Unand, Ketua HIMA, dan undangan lainnya

Seminar nasional ini menghadirkan beberapa narasumber seperti Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes (Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia), Dra. Jumiarni Ilyas, M.Kes (Ketua Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia) dan Hj. Syafninar, Amd.Keb S.IP (Ketua Umum Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia).

Ketua Panitia Chelsya Julian mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar para calon bidan maupun bidan dapat menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang dirancang oleh Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030.

Disamping itu, ia menyebutkan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 346 orang mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi Kesehatan di Sumatera Barat.

Senada dengan itu, Sekretaris Jurusan Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Unand Yulizawati, S.ST, M.Keb mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu Program kerja dari HIMA Kebidanan pada ajaran tahun 2016/2017 setelah beberapa hari yang lalu Prodi Kebidanan juga menggelar seminar internasional dengan menghadirkan narasumber dari dalam dan luar negeri seperti Former President of ICM 2008-2001 dan juga AIPKIND.

Lebih lanjut, Yulizawati juga menyebutkan tema yang diusung pada kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan aktualisasi dari kreativitas mahasiswa yang diberi kebebasan dalam menyampaikan ide-idenya.

Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Unand dr. M. Hidayat, SpM(K) memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi S1 Kebidanan Unand ini. Ini merupakan suatu kepedulian mahasiswa dalam menanggapi  masalah-masalah yang terkait dengan kesehatan ibu dan anak.

dr. Hidayat berharap kepada seluruh peserta yang hadir, bahwa sebagai insan yang bertugas dalam dunia medis (kebidanan) dapat menjadi ujung tombak dari program ini yang juga merupakan program pemerintahan. Serta para peserta dapat mengaplikasi ilmunya di lapangan nanti.

Humas dan Protokol Unand

Read 814 times