Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Unand Laksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 88 Tahun 2016

28 Oktober 2016

Civitas akademika Universitas Andalas melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 88 Tahun 2016 pada hari Jum’at, (28/10) di Lapangan Upacara Rektorat Kampus Unand Limau Manis Padang.

Upacara ini diikuti oleh segenap civitas akademika Unand mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kabiro. Ketua Lembaga, Kepala UPT, Kabag, Kasubag, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Unand.

Rektor Unand Prof. Dr. Tafdil Husni, SE.MBA selaku pembina upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Rektor menyampaikan bahwa Peringatan Sumpah Pemuda Ke 88 Tahun 2016 ini mengangkat tema “ Pemuda Indonesia Menatap Dunia”.

Ada 3 karakter dan kapasitas yang perlu dikapitalisasi setiap generasi muda untuk memenangi “pertarungan” masa depan. Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki integritas yang tinggi. Kedua, Kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni, dan ketiga, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional. “ujarnya.

Rektor mengatakan bahwa ketika beberapa waktu yang lalu, Indonesia berhasil menghantarkan seorang Pemuda Indonesia Rio Haryanto ke level tertinggi balap mobil internasional F1. Owi-Butet Pemuda Indonesia yang berhasil mengembalikan tradisi emas di ajang Olimpiade Rio de Jeneiro Brasil melalui cabang olahraga Bulutangkis, Joe Taslim yang mengguncang panggung Hollywood pada film Fast and Furious, Sandy Sundoro musisi muda yang menyabet penghargaan Internasional Contest Of Young Pop Singer di Latvia pada tahun 2009.

Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki anak-anak muda potensial di bidang start up yang omzetnya mengundang decak kagum pebisnis online dunia. Ada Nadiem Makarim pendiri Go-Jek, Achmad Zaky CEO Bukalapak.

Selain pencapaian di bidang teknologi informasi,Indonesia juga memiliki anak-anak muda hebat sekelas Gamal Ali Bin Said, pemuda yang mencuri perhatian Pangeran Charles Inggris atas inovasi Asuransi Bank Sampahnya. Termasuk, beberapa waktu lalu, Indonesia kembali di buat bangga oleh Diplomat Muda Indonesia, Nara Masista Rakhmatia yang mengguncang persidangan PBB karena diplomasinya yang keras, cerdas dan tegas melindungi Papua dari rongrongan negara-negara asing.

Oleh sebab itu, dengan kemajuan teknologi, diharapkan agar pemuda-pemudi Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesaran Bangsa Indonesia, terutama di mata dunia.

Untuk itu, mari kita buktikan dalam sejarah Indonesia, untuk kesekian kalinya pemuda Indonesia menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia, Bonus demografi menjadi kesempatan kita satu-satunya untuk memastikan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia menjadi negara maju sejajar dengan negara-negara besar lainnya. Di depan mata kita ada MEA, perdagangan bebas Asia dan dunia. Saatya pemuda Indonesia membangun visi yang besar menatap dunia. “ tambahnya.

Ditemui tim Humas usai pelaksanaan Upacara, Rektor berpesan agar pemuda Indonesia yang ada di Universitas Andalas ini dapat lebih kreatif, edukatif dan inovatif dalam meningkatkan daya saing dan kemajuan suatu bangsa. Karena dengan memiliki pemuda kreatif, edukatif dan inovatif tentu dapat mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional.


Humas dan Protokol Unand

Read 1227 times