Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Ketua Komisi Yudisial RI Jadi Narasumber Pada Seminar Nasional Fakultas Hukum Unand

28 Oktober 2016

Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia Dr. Aidul Fiticiada Azhari, M. Hum menjadi salah satu narasumber dalam seminar nasional yang diadakan Fakultas Hukum Universitas Andalas tentang Hukum Adat Minangkabau Dalam Perspektif Sistem Hukum Nasional pada Kamis (27/10) di Gedung Convention hall Kampus Unand Limau Manih Padang.

Aidul Fiticiada Azhari mengatakan hukum adat di Indonesia merupakan salah satu sub sistem dalam sistem hukum nasional Indonesia, selain hukum barat modern dan hukum islam. Para pendiri bangsa ini menjadikan hukum adat sebagai hukum asli negeri ini yang harus terus untuk dijaga dan diartikulasikan kedalam sistem hukum ketatanegaraan nasional sekaligus menjadi identitas nasional Indonesia.

Lebih lanjut ia menjelaskan salah satu  gejala yang sangat menonjol dalam proses rekonstruksi hukum adat kedalam pancasila dan UUD 1945 adalah kuatnya pengaruh hukum adat Minangkabau .

Meskipun dalam proses pembuatan terdapat kontestasi gagasan dengan tradisi Jawa, akan tetapi banyak konsep, norma, dan istilah dari hukum adat Minangkabau yang akhirnya memberi warna dalam gagasan Pancasila dan UUD 1945.

Tidak heran di awal kemerdekaan banyak tokoh politik dan pemimpin dari Minangkabau mendominasi landscape politik nasional. Karena secara natural dan kultural lebih mudah mengartikulasikan nilai dan norma dalam Pancasila dan UUD 1945 yang banyak diwarnai oleh hukum adat Minangkabau.

Ia juga tak dapat memungkiri setelah reformasi terdapat upaya untuk memulihkan hukum adat di luar Jawa dalam sistem nasional termasuk hukum adat Minangkabau, akan tetapi upaya pemulihan tersebut masih pada tingkat regional atau lokal.

“Seperti pada UU no 29/1999 tentang pemerintahan daerah dan perubahannya serta UU No 6/2014 tentang desa yang mengakui berlakunya hukum adat Minangkabau pada tingkat nagari,”ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Unand mengatakan seminar nasional ini merupakan rangkaian dalam memperingati Lustrum Fakultas Hukum yang ke XIII (Dies Natalis 65). 

Selain mendatangkan Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia sebagai narasumber ada juga Dr. Kurniawarman dari akademisi Unand dan Irwansyah Dt. Katumanggungan tokoh masyarakat Minangkabau.

Disamping mengadakan seminar nasional Fakultas Hukum juga melaunching buku-buku karya dosen Fakultas Hukum sebanyak 15 buah. “Peluncuran buku ini merupakan berkat kerja sama Fakultas Hukum Unand dengan PT Raja Grafido Persada,”katanya

Humas dan Protokol Unand

 

 

 

 

Read 509 times