Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Unand Gelar Seminar Nasional Energi Terbarukan

25 Oktober 2016

Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menggelar seminar nasional dengan tema “Energi Terbarukan Untuk Indonesia Emas Tahun 2045” pada Selasa (25/10) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manih Padang.

Ketua Panitia Acara Harli Handa Hidayat mengatakan seminar nasional ini merupakan rangkaian dari kegiatan Physics Festival XVIII 2016.

Selain dari seminar nasional masih banyak rangkaian acara yang lainnya diantaranya lomba fisika SMA/SMP, lomba cerdas tangkas fisika SMA/SMP, lomba karya ilmiah SMA/mahasiswa, Mading competition SMA/SMP dan lainnya.

“Physics Festival merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh mahasiswa HIMAFI Unand,”ujarnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 7 hari dari tanggal 25 – 31 Oktober 2016 dengan tema “Journey To The Space With Physics”

Ia menambahkan adapun pemateri yang akan menjadi narasumber adalah Dr. Ir. Nanik Indrayaningsih, M. Eng dari Peniliti Unggulan-Pusat Penilitian Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bandung.

Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FMIPA Unand Dr. Tesri Maideliza, M. Sc. Ia berharap kepada mahasiswa untuk mengambil pengetahuan dan pelajaran dari seminar nasional ini serta dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dr. Nanik menyampaikan energi terbarukan merupakan energi yang bersumber dari alam dan secara berkesinambungan dapat terus diproduksi tanpa harus menunggu waktu yang lama.

Menurutnya energi terbarukan dihasilkan dari sumber daya energi yang secara alami tidak akan habis bahkan berkelanjutan bila dikelola dengan baik. “Energi terbarukan disebut juga dengan renewable energi,”ujarnya.

Disamping itu, ia menambahkan selain energi renewable ada juga energi tak terbarukan (energy non renewable) seperti energi fosil, gas alam dan nuklir.

Energi yang berasal saat ini masih berasal dari sumber energi fosil seperti minyak bumi, batubara, gas alam dan nuklir.

Ia juga tidak memungkiri semakin berkurangnya ketersediaan sumber daya energi fosil, karena sebahagian besar manusia sangat bergantung pada penggunaan bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil adalah bahan anorganik seperti batu bara, minyak dan gas alam.

Selain itu, daya dukung lingkungan yang semakin menurun ditandai dengan energi fosil menghasilkan emisi yang merusak lingkungan.

Ada beberbagai jenis sumber energi yang terbarukan di Indonesia diantaranya panas bumi, cahaya matahari, air, angin dan hidrogen.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 803 times