Ketua BPK RI Beri Kuliah Umum di Unand

17 September 2016

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Dr. H. Harry Azhar Aziz, MA memberikan kuliah umum yang bertemakan “Akuntabilitas Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi di Indonesia” pada Jumat (16/9) di Gedung Convention Hall Universitas Andalas 

Dihadapan ratusan pasang mata mahasiswa Strata 1, mahasiswa Pascasarjana, dan civitas akademika ketua BPK menjadi pembicara yang dimoderatori oleh Dr. Hefrizal Handra .

Ketua BPK mengatakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi, baik oleh pemerintah maupun masyarakat swasta. 

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah satuan pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah, berbentuk Badan Layanan Umum (BLU) yang sejak tahun 2014 berada dibawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sedangkan pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh swasta/masyarakat dikoordinasikan oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) yang merupakan satuan kerja dibawah Kemenristedikti.

Ia menjelaskan dalam pengelolaan keuangan PTN perlu memperhatikan prinsip pengelolaan BLU. Yang menjadi faktor penting dan menjadi tujuan pendirian BLU adalah memberikan keleluasaan kepada perguruan tinggi dalam mengelola keuangan secara akuntabel dan transparan.

Berdasarkan pasal  1 Undang-Undang Nomor 1 tahun 2004 tentang perbendarahaan negara menyebutkan bahwa BLU adalah instansi di lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan jasa yang dijual tanpa mencari keuntungan serta dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisien dan produktivitas.

Dalam konteks untuk mewujubkan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan di PTN, BPK menyadari upaya tersebut mustahil dapat terlaksana dengan baik tanpa ada sinergi antara BPK dengan PTN.

Menurutnya diperlukan sinergi antara BPK dengan PTN untuk bersama-sama mewujubkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel demi terjaganya cita-cita perguruan tinggi untuk selalu menjadi tempat yang berkualitas dalam mendidik anak bangsa.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA mengatakan kuliah umum ini merupakan bagian dari rangkaian dies natalis (Lustrum XII) Universitas Andalas yang jatuh pada tanggal 13 September 2016. 

Ia mengatakan saat ini status Universitas Andalas sebagai Badan Layanan Umum (BLU), tentunya mempunyai konsekuensi penerapan transparansi dan akuntabilitas di semua aspek termasuk di bidang keuangan.

“Mewujudkan tata kelola perguruan tinggi yang baik, bersih dan akuntabel (good university governance) merupakan upaya dan keinginan kita semua,”ujarnya.

Dengan adanya kuliah umum ini terkait dengan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan merupakan komitmen Universitas Andalas untuk menegakkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan perguruan tinggi.

Humas dan Protokol Unand

 

Read 881 times