Wisuda IV Tahun 2017, Program Doktor, Magister, Profesi dan Spesialis  Klik tombol ini untuk Melihat
Toggle Bar

Edi kurniawan

  • + Prodi: Peternakan
  • + Status: Mahasiswa
  • + Tahun Masuk: 2012

Edi kurniawan anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Saidi dan Sumartini, lahir di Kabupaten Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara pada 18 Oktober 1993. Pemuda yang suka minum teh ini merupakan mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas angkatan 2012 dengan bidang kajian Ilmu Produksi. Ia akrab di panggil Edi atau mas Edi mengingat sosoknya seorang Jawa tulen meski Pujakesuma (Putra Jawa Kelahiran Sumatera).

Akulturasi budaya Jawa dan Batak di tanah kelahirannya membuat pemuda ini tumbuh menjadi sosok yang memiliki kepribadian yang kuat. Semasa sekolah Edi tidak pernah merasakan sekalipun berorganisasi namun hobinya di bidang olahraga mencatatkan namanya di berbagai kejuaran. Bersama team sepak              bola SMAnya Ia berhasil menyabet gelar juara seluruh kompetisi dan puncaknya ketika teamnya menjurai Liga Pendidikan Indonesia. Tak hanya itu, tumbuh menjadi pesebak bola menuntutnya harus memiliki fisik yang kuat dan gesit, terbukti Ia sempat menjuarai lomba lari Sprin 100 m dan 400 m se-Kabupaten Labuhanbatu Utara. Selain di bidang olahraga Edi juga tertarik dengan dunia Astronomi, Ia pernah menjadi utusan SMAnya dalam Olimpiade Sains Nasional Bidang Astronomi.

Berawal dari lulus jalur undangan, Edi mengawali kiprahnya sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Iklim keorganisasian di kampus hijau ini membuatnya tertarik terlibat meskipun dirinya belum pernah berorganisasi. Kiprah pertamanya di mulai ketika dirinya bergabung di Himpunan Mahasiswa Sumatera Utara (Himsu), Forum Silaturahmi Mahasiswa Sumatera Utara (Forsilamsu). Tahun pertama kuliah Edi tinggal di Asrama Unand, kesempatan ini tak lantas disia-siakanya dengan tergabung di kepanitiaan Bakti Sosial sebagai anggota, kepercayaan dirinyapun mulai tumbuh lalu Edi menginisiasi terbentuknya Himpunan Mahasiswa Asrama Sumatera Utara (Himasu). Proses ini mengantarkannya menjadi Presiden Asrama Unand pada tahun 2012 yang dipilih melalui Pemira. Selama di asrama Ia juga menerima penghargaan shalat subuh berjamaah di masjid dengan kategori terajin.

Pemuda yang sangat mengidolakan Nabi Muhammad SAW ini juga meniti karir organisasi di Fakultasnya, mulai dari Forum Studi Silam (FSI) hingga terpilih sebagai Gubernur BEM Fakultas Peternakan periode 2013/2014. Selain itu, keuletannya menginisiasi sebuah gerakan dan gebrakan yang diaplikasikan di tanah kelahirannya. Ia menginisiasi terbentuknya Ikatanan Mahasiswa Alumni SMA Negeri 1 Aek Kuo (IMASA) dan di percaya sebagai Ketua Umum pertama untuk periode 2014/2016, tak hanya itu Edi juga menginisiasi terbentuknya Rohis di SMAnya.

Tak cukup sampai disana, di tingkat universitas Edi juga di percaya sebagai Menteri Sosial Masyarakat BEM KM Unand periode 2015/2016 Kabinet Bangkit dan Solid. Dan melebarkan sayapnya di organisasi ekstra kampus dengan bergabung bersama Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI). Dan atas panggilan hati nurani serta tanggung jawab moril untuk mengabdi, Edi mendapatkan dukungan penuh dari banyak kalangan untuk melaju sebagai calon Presiden Mahasiswa periode 2016/2017 dengan nomor urut 3.Rekam jejak Edi di tingkat nasional juga tak dapat di pandang sebelah mata, pemuda yang suka menggunakan bahasa Minang ketika di kampus ini pernah menjadi Delegasi Dies Natalis ISMAPETI di IPB Bogor 2014, Munas ISMAPETI di UMM Malang 2015, Rapat Kerja Nasional BEM SI di Padang 2015, Sosmas Camp UGM di Magelang dan Sidang Rakyat BEM SI di depan Istana Negara Jakarta 2015.

Kiprahnya sebagai organisatoris menginpirasi banyak orang karena semasa sekolah sosoknya tak pernah mencicipi organisasi sekalipun, ditambah lagi selama berorganisasi di kampus, Edi tidak menggunakan kendaraan pribadi melainkan kendaraan umum. Padahal kesan seorang aktivis adalah super sibuk dan harus mampu kesana kesini serba cepat. Kendati sibuk di organisasi mahasiswa semester tujuh ini telah menyelesaikan seluruh mata kuliahnya, dan kesibukan akademiknya saat ini yaitu tinggal menyelesaikan tugas akhir yang dia targetkan selesai di awal tahun 2016.

Humas dan Protokol Unand

Read 1929 times