Live Streaming - The 1st Andalas Intenational Nursing Conference (AINiC)- 2nd Day  Klik tombol ini untuk melihat
Toggle Bar

Rendy Thamrin

  • + Prodi: Teknik Sipil
  • + Status: Dosen Tetap
  • + Pendidikan Terakhir: Doctor of Engineering

Dr. Eng. Rendy Thamrin, ST., MT. merupakan salah seorang dosen senior pada Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Andalas.

Gelar Sarjana Teknik diperolehnya dari Jurusan Teknik Sipil Universitas Andalas pada tahun 1994 dan selanjutnya mendapatkan gelar Magister Teknik dari Program Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung pada tahun 1999 dalam bidang Rekayasa Struktur. Pada tahun 2006 gelar Doctor of Engineering diperolehnya dari Toyohashi University of Technology Jepang, dengan judul disertasi "Flexural and Bond Behavior of Reinforced Concrete Beam with FRP Bars".

Topik-topik dibidang ilmu Rekayasa Struktur yang lebih banyak dikerjakan dan diminati oleh Dr. Rendy adalah model numerik struktur beton bertulang, penggunaan tulangan FRP pada struktur beton bertulang serta rehabilitasi struktur gedung beton bertulang pasca gempa bumi. Bidang yang digeluti Dr. Rendy ini melibatkan pekerjaan-pekerjaan analisis dengan menggunakan perangkat lunak dan kajian secara eksperimental di laboratorium.

Sejalan dengan topik-topik yang diminati tersebut pada tahun 2012 Dr. Rendy telah mengembangkan sebuah perangkat lunak untuk keperluan analisis kekuatan penampang beton bertulang. Perangkat lunak ini diberi nama Reinforced Concrete Cross Section Analysis (RCCSA). Dengan bantuan perangkat lunak ini pekerjaan analisis dan desain penampang beton bertulang dapat menjadi lebih akurat dan cepat.

Selanjutnya untuk melengkapi sarana penelitian eksperimental dibidang struktur beton bertulang Dr. Rendy juga telah membuat sebuah alat loading frame pada tahun 2013. Alat tersebut dilengkapi dengan dua buah actuator pemberi beban dengan kapasitas 500 kN yang masing-masing dapat digunakan untuk memberikan beban vertikal dan horizontal. Dengan adanya alat tersebut kualitas dan intensitas penelitian pada Laboratoium Material dan Struktur, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Andalas dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dibuktikan dengan bertambahnya jumlah publikasi internasional yang didapatkan dari hasil penelitian yang menggunakan alat tersebut.

Kiprah yang telah dikerjakan Dr. Rendy tersebut juga telah disampaikan dalam orasi ilmiah berjudul "Sarana Laboratorium untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Penelitian" pada acara Dies Natalis Universitas Andalas yang ke 59 tanggal 14 September 2015 di Convention Hall Kampus Unand Limau Manis.

Humas dan Protokol Unand

Read 1457 times
More in this category: Satya Wydya Yenny »